Selasa 10 Nov 2020 22:54 WIB

53 Tenaga Kesehatan Jember Sembuh dari Covid-19

Tenaga kesehatan dinyatakan sembuh akan kembali jalani tes usap dalam waktu dekat.

Sebanyak 53 tenaga kesehatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sudah sembuh (Foto: ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sebanyak 53 tenaga kesehatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sudah sembuh (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Kepala Dinas Kesehatan Jember, Diah Kusworini, mengatakan, sebanyak 53 tenaga kesehatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sudah sembuh. Kini, mereka sudah bekerja menangani pasien terinfeksi virus corona.

"Semua tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif baik yang bertugas di puskesmas maupun rumah sakit sudah sembuh," katanya saat rapat dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Jember dan tiga Direktur RSD di DPRD Jember, Selasa (10/11).

Baca Juga

Menurut dia, pihak RS maupun puskesmas dengan tenaga kesehatannya terpapar virus corona akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur dan menjalani tes usap COVID-19. Mereka yang kontak erat dengan petugas kesehatan yang terkonfirmasi positif akan dilakukan pelacakan dan jalani swab.

"Kemudian harus melakukan isolasi mandiri untuk cegah penularan virus corona," tuturnya.

Ia menjelaskan, tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 akan berdampak pada tidak optimalnya pelayanan kesehatan baik di rumah sakit maupun swasta. Pasalnya, berkurangnya tenaga kesehatan yang bekerja akibat isolasi mandiri.

Sementara Direktur RSD dr Soebandi Jember, dr Hendro Soelistijono, mengatakan, jumlah tenaga kesehatan yang terpapar virus Corona di rumah sakit setempat sebanyak 24 perawat dan empat orang dokter. Semuanya sudah sembuh dan kini kembali bekerja melayani pasien.

"Namun kami lebih memperketat protokol kesehatan di rumah sakit, agar tidak ada lagi tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement