Rabu 11 Nov 2020 13:48 WIB

Menlu AS Pompeo akan Kunjungi Saudi, Israel, dan UEA

Agenda Pompeo ke Timur Tengah akan menjadi perjalanan luar negeri terakhirnya

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Pompeo
Foto: GALIH PRADIPTA/ANTARA
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Pompeo

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara pekan ini. Itu disebut akan menjadi perjalanan luar negeri terakhirnya sebagai menlu.

"Saya akan keluar lagi pada hari Jumat pekan ini, kali ini ke Prancis, Turki, Georgia, Israel, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), dan Arab Saudi," kata Pompeo dalam konferensi pers pada Selasa (10/11), dikutip laman Al Arabiya.

Baca Juga

Terkait kunjungannya ke Israel dan tiga negara Teluk, Pompeo menyebut akan terdapat banyak hal yang dibahas. Namun, dia yakin pembicaraan akan fokus pada upaya bersejarah pemerintahan Presiden AS Donald Trump untuk menempa perdamaian dan kerja sama di seluruh Timur Tengah.

Pemerintahan Trump diketahui berperan besar dalam memediasi kesepakatan normalisasi diplomatik Israel dengan UEA, Bahrain, dan Sudan. Trump pernah berujar bahwa masih terdapat beberapa negara yang akan membuka dan menjalin hubungan diplomasi dengan Israel.

Pompeo akan menjadi pejabat senior AS kedua yang mengunjungi Timur Tengah dalam sepekan terakhir. Saat ini perwakilan khusus AS untuk Iran Elliot Abram juga tengah melakukan lawatan ke Israel, Arab Saudi, dan UEA. Berbeda dengan Pompeo, kunjungan Abram ke ketiga negara tersebut fokus untuk membahas Iran.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement