REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) terus memperkuat kemitraan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Berbagai produk UMKM pun telah dijual di ritel modern.
Ketua Umum Aprindo Roy Mandey menyatakan, saat ini produk UMKM yang diperjualbelikan lewat ritel modern semakin bertambah. "Rata-rata 30 persen sampai 35 persen produk UMKM telah dijual di ritel anggota Aprindo," ujarnya dalam webinar Hari Ritel Nasional, Rabu (11/11).
Beragam produk tersebut meliputi makanan, minuman, kerajinan tangan, pernak-pernik, aksesoris, hingga kosmetik. "Kami tahu UMKM masuk ke sektor-sektor itu," kata dia.
Ke depannya, sambung Roy, Aprindo akan terus memperbaiki kemitraan dengan UMKM. "Semua peritel jaga kebersamaan dengan UMKM menjadi maju bersama," ujarnya.
Memperingati Hari Ritel Nasional, Aprindo juga akan memberikan pelatihan gratis kepad UMKM. "Ini demi bangkitkan semangat, membina, dan sharing pengalaman," tutur dia.
Kemudian Aprindo pun berencana memamerkan berbagai produk UMKM lewat virtual. "Sehingga bisa promosikan produk UMKM," tegas Roy.
Bagi dia, UMKM merupakan pondasi perekonomian bangsa. Sebab, kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sangat besar, mencapai 61 persen.