Sunday, 26 Rabiul Awwal 1446 / 29 September 2024

Sunday, 26 Rabiul Awwal 1446 / 29 September 2024

APK Machfud-Mujiaman Dipasang di Bangunan Cagar Budaya

Rabu 11 Nov 2020 18:07 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus Yulianto

Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Mujiaman Sukirno berpose di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur, Ahad  (6/9/2020). Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya yang didukung delapan partai pengusung yaitu PKB, Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN dan PPP itu maju dalam Pilkada Surabaya 2020.

Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Mujiaman Sukirno berpose di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur, Ahad (6/9/2020). Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya yang didukung delapan partai pengusung yaitu PKB, Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN dan PPP itu maju dalam Pilkada Surabaya 2020.

Foto: Antara/Didik Suhartono
Pemasangan APK harus ada izin dari pemilik atau pengelola cagar budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Alat Peraga Kampanye (APK) bergambar pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno menjadi sorotan lantaran dipasang di bangunan cagar budaya yang terletak di pertigaan Jalan Tunjungan Surabaya. 

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Surabaya, Retno Hastijanti mengaku belum mengeluarkan rekomendasi terkait pemasangan APK tersebut. "Kami belum mengeluarkan izin rekomendasi pemasangan APK tersebut," kata Retno dikonfirmasi Rabu (11/11).

Menurutnya, pemasangan perangkat iklan atau apapun di bangunan cagar budaya harus melalui sejumlah prosedur. Koordinasi harus dilakukan dengan pihak yang mengurus periklanan. Selain itu, pemasang iklan juga harus berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan dengan TACB.

Namun sampai saat ini, Retno kembali menegaskan, belum mendapatkan informasi terkait pemasangan APK tersebut dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. "Belum ada informasi apapun terkait pemasangan APK di bangunan cagar budaya di Surabaya," ujarnya.