Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

16 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Terima Lisensi, Qualcomm akan Jual Chip 4G ke Huawei 

Senin 16 Nov 2020 03:03 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha

Qualcomm telah menerima izin dari pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menjual chip ponsel 4G ke Huawei Technologies.

Qualcomm telah menerima izin dari pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menjual chip ponsel 4G ke Huawei Technologies.

Izin tersebut dikeluarkan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dengan China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qualcomm telah menerima izin dari pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menjual chip ponsel 4G ke Huawei Technologies. Izin tersebut dikeluarkan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dengan China.  

"Kami menerima lisensi untuk sejumlah produk, yang mencakup beberapa produk 4G," kata juru bicara Qualcomm seperti dilansir dari Reuters, Ahad (15/11). 

Baca Juga

Qualcomm dan semua perusahaan semikonduktor AS lainnya terpaksa berhenti menjual ke perusahaan teknologi China sejak September lalu. Hal itu merupakan dampak dari pembatasan perdagangan yang diberlakukan oleh AS.

Juru bicara tersebut menolak menjelaskan secara rinci produk 4G apa yang dijual Qualcomm ke Huawei. Namun menurutnya produk tersebut berkaitan dengan perangkat seluler. Selain chip ponsel 4G, Qualcomm juga sedang menunggu lisensi lainnya dari pemerintah AS. 

Sebelumnya, Huawei merupakan salah satu pelanggan chip yang diproduksi Qualcomm. Huawei sebenarnya memiliki rancangan chip sendiri untuk ponsel andalannya. Namun potensi Huawei untuk merancang chipnya sendiri gagal karena pembatasan perdagangan yang diberlakukan AS. 

Analis Bernstein Stacy Rasgon mengatakan lisensi Qualcomm akan memiliki dampak terbatas karena hanya mencakup chip 4G, sementara konsumen beralih ke perangkat 5G yang lebih baru. Lisensi Qualcomm untuk chip smartphone 5G sendiri belum ada kejelasan. 

Perwakilan Huawei dan Departemen Perdagangan AS, yang memberikan lisensi, menolak berkomentar. Perusahaan AS lainnya seperti Micron Technology juga dihentikan dari penjualan ke Huawei dan mengatakan mereka telah mengajukan permohonan lisensi. Intel Corp juga mengatakan memiliki lisensi untuk menjual ke Huawei.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile