REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) meyakini, krisis ekonomi yang terjadi dapat mengubah perilaku masyarakat. Hal itu sekaligus menciptakan peluang baru bagi pelaku usaha.
Maka kementerian mengajak pelaku usaha terutama di bidang waralaba agar melakukan transformasi usaha lewat internet. "Kerja sama dengan platform digital dan perluas jangkauan usahanya," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra saat konferensi pers Grand Opening Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show in Conjuction with 'Indonesia Local Brand Expo 2020' pada Selasa (17/11).
Di era industry 4.0, kata dia, pelaku usaha harus mampu menjawab berbagai tantangan. Ia menegaskan, Kemendag pun selalu siap membantu dan memfasilitasi mereka hingga ke pasar global, terutama di masa pandemi ini.
"Kemendag mendukung supaya pelaku usaha waralaba berkembang baik. Ada waralaba lokal yang go internasional seperti Alfamart dan Babarafi, itu pemain lokal yang kami bina dari awal, kembangkan, dan pasarkan ke luar negeri," jelas Syailendra.