Rabu 18 Nov 2020 06:57 WIB

Penjualan Ritel AS Lambat, Stimulus Fiskal Kurang Mendukung

Kinerja ritel tertahan oleh meningkatnya infeksi Covid-19.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Peningkatan penjualan ritel di Amerika Serikat (AS) kurang dari yang diharapkan pada Oktober dan dapat kembali melanjutkan perlambatan.
Foto: AP/Hani Mohammed
Peningkatan penjualan ritel di Amerika Serikat (AS) kurang dari yang diharapkan pada Oktober dan dapat kembali melanjutkan perlambatan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Peningkatan penjualan ritel di Amerika Serikat (AS) kurang dari yang diharapkan pada Oktober dan dapat kembali melanjutkan perlambatan. Kinerja ritel tertahan oleh meningkatnya infeksi Covid-19 baru dan penurunan pendapatan rumah tangga karena jutaan orang Amerika yang menganggur karena kehilangan dukungan keuangan pemerintah.

Dilansir Reuters, Rabu (18/11), data lain pada  Selasa (17/11) menunjukkan, produksi di pabrik-pabrik mengalami percepatan bulan Oktober. Namun, laju produksi tetap jauh di bawah jika dibandingkan sebelum pandemi.

Krisis kesehatan masyarakat dan ekonomi yang lemah adalah tantangan utama yang dihadapi Presiden terpilih Joe Biden ketika dia mengambil alih jabatan Presiden Donald Trump pada bulan Januari mendatang.

Biden pada hari Senin mendesak Kongres yang terpecah untuk berkumpul dan mengesahkan paket bantuan pandemi lainnya.