Jumat 20 Nov 2020 07:28 WIB

Rossi Bersiap untuk Perpisahan Emosional dengan Yamaha

Valentino Rossi menjalani balapan terakhir bersama tim pabrikan Yamaha di GP Portugal

Red: Israr Itah
 Valentino Rossi
Foto: AP/Petr David Josek
Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi mengatakan, mengakhiri 15 tahun kemitraan dengan tim pabrikan Yamaha pada seri pemungkas MotoGP di Portugal akhir pekan ini akan menjadi momen spesial baginya.

Joan Mir boleh jadi telah mengunci gelar juara dunia namun tempat kedua dan titel konstruktor akan ditentukan di GP Portugal, Portimao pada Ahad (22/11).

Baca Juga

Rossi, yang telah meraih tujuh titel di kelas primer, adalah salah satu dari beberapa pembalap yang bakal menggelar perpisahan pada akhir musim ini, dengan Andrea Dovizioso yang bakal mengambil "cuti" dan Cal Crutchlow yang akan mengemban tugas sebagai test rider Yamaha tahun depan.

The Doctor akan bergabung ke tim satelit Petronas Yamaha, bertukar bangku dengan Fabio Quartararo yang akan menjadi tandem Maverick Vinales pada 2021. "Ahad akan menjadi momen spesial karena ini adalah perjalanan panjang bersama. Kisah kami dibagi menjadi dua bagian dan saya harus berterima kasih kepada setiap orang di Yamaha karena memberi saya kesempatan satu lagi setelah dua tahun bersama Ducati. Karena saya cukup putus asa, jadi bagi saya krusial untuk kembali ke tim pabrikan ini," kata Rossi di Portimao, Kamis (19/11) seperti dikutip AFP.