REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat di tengah pandemi Covid-19 volume penumpang harian KRL pada periode 1-19 November 2020 sebanyak 7.283.726 orang. Jumlah tersebut meningkat 22 persen dibandingkan periode yang sama bulan lalu, dengan rata-rata harian mencapai 400 ribu pengguna per hari.
Vice President Corporate Communication PT KCI Anne Purba menjelaskan, etiap harinya KAI Commuter mengoperasikan 997 perjalanan KRL dengan waktu operasional mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Pada hari kerja, persebaran penumpang masih terfokus pada pukul 05.00-08.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.
"Selain di waktu tersebut, kondisi KRL cenderung lebih lengang dan tidak ada antrean penyekatan pengguna," kata Anne dalam keterangan tertulis resminya, Jumat (20/11).
Anne pun mengimbau para penumpang KRL agar dapat memanfaatkan perjalanan di luar waktu-waktu sibuk tersebut. Sehingga dapat lebih nyaman menggunakan layanan kereta.
Penumpang bisa mengatur waktu perjalanannya dengan melihat jadwal, posisi langsung kereta, dan kondisi antrean di stasiun melalui aplikasi KRL Access. Pengguna juga diimbau untuk mempersiapkan KMT, kartu uang elektronik bank, maupun tiket kode QR dengan saldo yang cukup.
"Dengan begitu, saat tiba di stasiun tidak perlu mengantre," kata Anne.
Dia menambahkan, para pengguna juga diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Selain itu, memasuki musim penghujan, para penumpang diminta mempersiapkan perlengkapan tambahan, seperti jas hujan, jaket, payung, dan gunakan sepatu yang tidak licin.