Sabtu 21 Nov 2020 12:34 WIB

Penelitian: Vitamin D Tekan Risiko Kanker dan Lawan Covid-19

Vitamin D kurangi risiko kanker stadium lanjut hingga bantu pasien Covid-19 pulih.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Vitamin D kurangi risiko kanker stadium lanjut hingga bantu pasien Covid-19 pulih (Foto: Ilustrasi Vitamin)
Foto: picpedia.org
Vitamin D kurangi risiko kanker stadium lanjut hingga bantu pasien Covid-19 pulih (Foto: Ilustrasi Vitamin)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nutrisi merupakan bagian penting dari makanan sebab dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi dasar yang tidak diproduksi oleh tubuh itu sendiri. Salah satu nutrisi yang telah banyak dibicarakan karena efektif meningkatkan imunitas, terutama melawan virus adalah vitamin D.

Penelitian terbaru menemukan bahwa vitamin D dapat membantu mengurangi risiko kanker stadium lanjut. Bahkan, juga bisa membantu pasien yang baru pulih dari COVID-19.

Baca Juga

Para peneliti mengatakan, orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D secara teratur memiliki kemungkinan 17 persen lebih kecil terkena kanker stadium akhir, dan juga mengurangi risiko kematian. Penelitian tersebut dilakukan oleh para ahli di Universitas Harvard.

Studi yang telah dipublikasikan di jurnal medis JAMA Network Open ini melawan temuan awal dari studi yang dilakukan pada 25 ribu orang yang diterbitkan pada 2018. Studi awal menemukan bahwa tidak ada manfaat mengonsumsi vitamin D, karena tidak menunjukkan penurunan diagnosis kanker secara keseluruhan.