Senin 23 Nov 2020 18:03 WIB

BI Ajak Milenial Bangga Produk UMKM

Pagelaran Karya Kreatif jadi salah satu strategi meningkatkan akses pasar UMKM.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolandha
Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial mencintai wastra atau kain nusantara sebagai kebanggaan dan identitas nasional. Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti mengatakan, milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi UMKM Indonesia.
Foto: Antara/Rahmad
Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial mencintai wastra atau kain nusantara sebagai kebanggaan dan identitas nasional. Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti mengatakan, milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi UMKM Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial mencintai wastra atau kain nusantara sebagai kebanggaan dan identitas nasional. Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti mengatakan, milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi UMKM Indonesia.

Guna meningkatkan nilai tambah wastra atau kain nusantara karya UMKM, BI berkolaborasi dengan desainer nasional agar sesuai dengan selera pasar, khususnya generasi milenial. Kerja sama ini juga diharapkan mampu menjadi sarana promosi kepada para pecinta wastra dan masyarakat luas.

Baca Juga

"Sekaligus memasarkan produk UMKM secara internasional melalui peragaan busana yang diikuti oleh para desainer," katanya dalam Pagelaran Karya Kreatif “Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya” sebagai rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III.

Digelar secara virtual, Pagelaran Karya Kreatif menampilkan busana karya desainer Didiet Maulana yang mengolah kain Tenun Tanimbar karya UMKM Kelompok Rasalsam binaan BI Provinsi Maluku, dan Ayu Dyah Andari yang mengolah kain Tenun Lurik karya UMKM Tugu Mas binaan BI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

BI juga bersinergi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga melakukan pembinaan UMKM dari sisi produksi, pemasaran, dan peningkatan kapasitas keuangan. Serta melakukan kegiatan kurasi bekerja sama dengan kurator internasional.

Pagelaran Karya Kreatif Indonesia merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan akses pasar karya kreatif UMKM Binaan BI di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari pengembangan UMKM yang dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir.

Mengusung tema “UMKM Sahabat Milenial”, pameran KKI Seri III berlangsung pada 20-22 November 2020 dan merupakan seri terakhir yang menutup seluruh rangkaian kegiatan Pameran KKI di tahun 2020. BI mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran KKI 2020 secara virtual pada website KKI.

Fitur platform yang telah dibuka sejak 20 November hingga 22 November 2020. Setelah 22 November 2020, dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI tetap menyediakan menu e-katalog pada website KKI.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement