Selasa 24 Nov 2020 20:56 WIB

Video Brutal Beredar, 9 Tentara Elite Australia Bunuh Diri

9 tentara elite Australia memutuskan mengakhiri hidup usai video brutalnya beredar.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
9 tentara elite Australia memutuskan akhiri hidup usai video brutalnya beredar  Australia menurunkan pasukan khusus di Afghanistan.
Foto: ABC
9 tentara elite Australia memutuskan akhiri hidup usai video brutalnya beredar Australia menurunkan pasukan khusus di Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL— Sembilan pasukan khusus Angkatan Darat (SAS) Australia dilaporkan bunuh diri dalam tiga pekan terakhir setelah sebuah laporan kejahatan perang oleh beberapa tentara SAS di Afghanistan terungkap ke publik. 

SAS diklaim telah membunuh pria dan anak-anak tak bersenjata di Afghanistan, mendorong dilakukannya penyelidikan yang didukung pemerintah. 

Baca Juga

Dugaan tersebut dikuatkan dengan adanya rekaman seorang tentara SAS yang menembak mati seorang pria Afghanistan yang tidak bersenjata di sebuah tanah lapang. Berdasarkan laporan penyelidikan terbaru, SAS Australia diduga telah membunuh 39 tahanan dan warga sipil. 

"Catatan memalukan dari dugaan pembunuhan terjadi di luar 'panasnya pertempuran'," klaim laporan setebal 465 halaman yang dikutip di ABNA, Selasa (24/11).