Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Jokowi Minta Percepat Belanja Anggaran

Rabu 25 Nov 2020 04:41 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi

Presiden Joko Widodo. Jokowi meminta para menteri dan kepala daearah segera membelanjakan anggaran yang sudah dialokasikan dalam APBN maupun APBD 2021.

Presiden Joko Widodo. Jokowi meminta para menteri dan kepala daearah segera membelanjakan anggaran yang sudah dialokasikan dalam APBN maupun APBD 2021.

Foto: Dok. Setpres
Jokowi minta menteri dan kepala daerah lekas melakukan lelang pada Desember.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan agar belanja anggaran APBN 2021 segera dilakukan untuk menggerakkan roda perekonomian. Ia mengatakan, dalam situasi krisis saat ini, belanja pemerintah menjadi penggerak utama roda perekonomian nasional.

Hal ini disampaikan Jokowi saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/11).

Baca Juga

"Karena itu, APBN 2021 harus segera dimanfaatkan, harus segera dibelanjakan untuk menggerakkan ekonomi kita," ujar Jokowi.

Presiden pun meminta seluruh menteri serta kepala daerah agar segera melakukan lelang pada Desember nanti. Dengan begitu, program kementerian maupun daerah dapat dilaksanakan sedini mungkin. Dengan percepatan pelaksanaan lelang proyek ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di kuartal I 2021.

"Artinya pada Januari itu sudah ada pergerakan karena lelangnya sudah dilakukan setelah DIPA ini diserahkan," kata dia.

Ia mencontohkan, sejumlah kementerian yang memiliki anggaran yang cukup besar dan harus segera melakukan belanja anggaran. Seperti Kemendikbud, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pertanian.

Presiden juga menginstruksikan Menteri Sosial agar segera menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat penerima manfaat pada awal Januari 2021 nanti. Penyaluran bantuan sosial ini diharapkan dapat meningkatkan belanja dan konsumsi masyarakat.

Ia pun kembali mengingatkan jajarannya untuk mempercepat kerja di tengah kondisi krisis saat ini. Kerja keras harus dilakukan secara luar biasa dengan melakukan berbagai terobosan. Jokowi juga meminta seluruh menteri, kepala lembaga, serta kepala daerah agar cermat, efektif, dan tepat sasaran dalam melaksanakan anggaran APBN dan APBD.

"Seluruh rupiah yang ada di APBN maupun di APBD harus betul-betul dibelanjakan untuk kepentingan rakyat," ujar Presiden.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile