Rabu 25 Nov 2020 13:04 WIB

Skotlandia Negara Pertama yang Gratiskan Produk Menstruasi

Perjuangan untuk membayar produk sanitasi dasar tiap bulan melonjak selama pandemi

Rep: Dwina Agustin/Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi menstrual cup. Skotlandia telah menjadi negara pertama di dunia yang menyediakan akses gratis dan universal ke produk-produk menstruasi.
Foto: Pixabay
Ilustrasi menstrual cup. Skotlandia telah menjadi negara pertama di dunia yang menyediakan akses gratis dan universal ke produk-produk menstruasi.

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURGH - Skotlandia telah menjadi negara pertama di dunia yang menyediakan akses gratis dan universal ke produk-produk menstruasi. Pencapaian ini terjadi setelah gerakan selama empat tahun yang secara fundamental mengubah wacana publik seputar menstruasi.

The Period Products (Free Provision) (Scotland) Act disahkan dengan suara bulat melalui tahap terakhirnya pada Selasa (24/11) malam. Aturan ini akan menempatkan kewajiban hukum pada otoritas lokal untuk menyediakan produk menstruasi bagi semua orang yang membutuhkannya.

Baca Juga

Dilansir UPI, RUU tersebut diperkenalkan oleh anggota Parlemen Skotlandia dari Partai Buruh Monica Lennon yang dengan suara bulat disetujui dengan menciptakan persyaratan untuk memerangi "menstruasi kemiskinan". Itu adalah sebuah istilah yang menggambarkan situasi di mana orang yang membutuhkan produk menstruasi tidak mampu membelinya.

"Ini akan membuat perbedaan besar bagi kehidupan perempuan dan anak perempuan dan semua orang yang mengalami menstruasi," ujarnya dikutip dari The Guardian.