Kamis 26 Nov 2020 10:41 WIB

Blokade Israel Miskinkan 1 Juta Orang Palestina

Kemiskinan di Palestina mencapai lebih dari satu juta orang hanya dalam 10 tahun.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Warga Palestina hidup dalam kemiskinan
Foto: KNRP.OR.ID
Warga Palestina hidup dalam kemiskinan

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Laporan terbaru Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menyatakan blokade Israel di Jalur Gaza merugikan keuangan Palestina lebih dari 16 miliar dolar AS. Kondisi itu pun mendorong lebih dari satu juta orang di bawah garis kemiskinan hanya dalam waktu 10 tahun.

Dokumen yang dikeluarkan pada Rabu (25/11) oleh Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) kepada Sidang Umum mencakup antara 2007 dan 2018. Hasil dari laporan itu menyerukan untuk segera menghentikan pengepungan yang terus berlanjut. Blokade ini telah menyebabkan hampir runtuhnya kegiatan ekonomi di Gaza dan tingkat kemiskinan 56 persen.

Baca Juga

Dikutip dari Aljazirah, akibat pengepungan dan perang di Gaza, angka kemiskinan melonjak dari 40 persen pada 2007 menjadi 56 persen pada 2017. Artinya, lebih dari 1 juta warga Palestina tidak memiliki sarana untuk bertahan hidup.

Laporan tersebut memperkirakan bahwa mengentaskan warga ke atas garis kemiskinan akan membutuhkan suntikan dana sebesar 838 juta dolar AS atau empat kali lipat jumlah yang dibutuhkan pada 2007. Koordinator Bantuan untuk Rakyat Palestina UNCTAD, Mahmoud Elkhafif, menyatakan, situasi akan semakin parah jika blokade terus berlanjut.