Kamis 26 Nov 2020 13:18 WIB

Romo Magnis Apresiasi Umat Islam yang Jaga Nilai Pancasila

Umat Islam yang menjaga nilai Pancasila mendapat apresiasi dari Romo Magnis.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Muhammad Hafil
Romo Magnis Apresiasi Umat Islam yang Jaga Nilai Pancasila. Foto: Romo Franz Magnis Suseno
Foto: bnpt
Romo Magnis Apresiasi Umat Islam yang Jaga Nilai Pancasila. Foto: Romo Franz Magnis Suseno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesuksesan Pancasila telah terbukti selama lebih dari 75 tahun perjalanan bangsa Indonesia. Cendekiawan Katolik Indonesia Franz Magnis Suseno mengucapkan terima kasihnya kepada mayoritas umat Islam di Indonesia yang setia menjaga kemoderatannya, sehingga nilai-nilai Pancasila dan keberagaman tetap bisa terjaga.

Tokoh Umat Kaholik, yang akrab disapa Romo Magnis ini mengungkapkan, selama perjalanan hidupnya di Indonesia, ia merasakan bagaimana sikap toleransi luar biasa dari umat Islam sebagai lelompok mayoritas di Indonesia. Keberhasilan Pancasila itu sudah diwujudkan, dengan bagaimana ia tetap bisa duduk bersama dan tetap bebas beribadah antar umat beragama dengan merasa aman.

Baca Juga

"Tidak hanya bisa duduk bersama tapi juga saling menjaga toleransi dan keharmonisan. Banyak negara yang justru kelompok mayoritasnya belum bisa menyatukan perbedaan semua elemen bangsanya. Seperti myanmar contohnya," kata Romo Magnis dalam Seminar Nasional BPIP, Kamis (26/11).

Seminar nasional BPIP ini, bertemakan 'Pancasila dalam Tindakan Sebagai Implementasi Nilai-Nilai luhur Perjuangan para Pahlawan'. Romo Magnis menyorot perjalanan Pancasila yang telah teruji waktu bisa menyatukan semua elemen bangsa, karena memiliki lima sila yang mempersatukannya.