Kamis 26 Nov 2020 14:05 WIB

Kesaksikan Wasit Gol 'Tangan Tuhan' Maradona

Ali mengakui tak yakin dengan keputusannya saat itu.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gol Tangan Tuhan
Gol Tangan Tuhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu momen paling dikenang dalam sejarah sepak bola adalah gol 'tangan Tuhan' Diego Maradona. Kisah tersebut terjadi pada perempatfinal Piala Dunia 1986, saat Argentina vs Inggris. Gol tersebut menjadi kontroversi yang selalu diingat oleh insan sepak bola, termasuk wasit yang memimpin laga itu, Ali Nasser.

Wasit asal Tunisia itu pun mengungkapkan kesaksiannya saat menyaksikan Maradona, yang baru saja meninggal karena serangan jantung, mencetak gol dengan tangannya. Meski dalam tayangan ulang terlihat jelas bahwa Maradona menyentuh bola dengan tangan. Tapi Nasser mengaku tak yakin dengan penglihatannya.

''Saya tidak melihat tangan. Tapi saya ragu,'' ucap Nasser, dikutip dari The Guardian, Kamis (26/11).

Menurut wasit yang kini berusia 76 tahun itu, dirinya bahkan sempat mendatangani asisten wasit, Bogdan Dochev. Asisten pelatih asal Bulgaria itu bilang keputusannya sudah benar, dan gol tetap disahkan. Bahkan, usai pertandingan, Nasser mengatakan FIFA memberikannya rating 9,4.

''Saya melakukan apa yang harus saya lakukan, tapi ada kebingungan. Dochev kemudian mengindikasikan melihat dua tangan, dan dia tidak tahu apakah itu tangan (Peter) Shilton atau Maradona,'' kata Nasser.

Maradona wafat akibat serangan jantung setelah mengalami kondisi fisik yang terus menurun sejak 2015 silam. Sang legenda wafat pada usia 60 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement