Ahad 29 Nov 2020 17:06 WIB

Wow Kekayaan 20 Keluarga Terkaya Asia Capai Rp 6.516 Triliun

Jumlah harta keluarga terkaya di Asia ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Orang kaya raya (ilustrasi)
Foto: spdi.eu
Orang kaya raya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Data Bloomberg menyebutkan, sebanyak 20 keluarga terkaya di Asia memiliki kekayaan hingga 463 miliar dolar AS atau sekitar Rp 6.516 triliun pada tahun ini. Jumlah tersebut naik 10 miliar dolar AS dibandingkan data Bloomberg pada Juli 2019.

Salah satu yang masuk dalam daftar Bloomberg adalah keluarga Hartono, pemilik Djarum dan BCA. Nilai kekayaannya 31,3 miliar dolar AS atau setara Rp 440 triliun, turun dibandingkan laporan Bloomberg tahun lalu yang tercatat mencapai 32,5 miliar dolar AS (Rp 461 triliun).

Baca Juga

Hartono berada di posisi ketiga, lebih rendah dibandingkan keluarga Ambani dari India dan Kwok dari Hong Kong. Ambani dengan perusahaan Reliance Industries memiliki memiliki kekayaan 76,0 miliar dolar AS, sementara Kwok yang mendirikan Sun Hung Kai Properties mencatatkan kekayaan 33 miliar dolar AS.

Peringkat keluarga terkaya di Asia versi Bloomberg dikumpulkan per 13 November. Daftar ini mengecualikan kekayaan generasi pertama seperti Jack Ma dari Alibaba Group Holding Ltd, serta kekayaan dimiliki oleh seorang ahli waris.