Senin 30 Nov 2020 08:53 WIB

Aktivitas Semeru Meningkat, Warga Diminta Tetap Tenang

Pendakian Gunung Semeru ditutup sementara terkait meningkatnya aktivitas.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Friska Yolandha
Aktivitas Gunung Semeru mengalami peningkatan sejak Jumat (27/11).
Foto: BB TNBTS
Aktivitas Gunung Semeru mengalami peningkatan sejak Jumat (27/11).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Masyarakat yang berada di sekitar Gunung Semeru diharapkan tetap tenang dan waspada. Peringatan ini disampaikan bersamaan meningkatnya aktivitas Gunung Semeru sejak Jumat (27/11).

Kepala Subbagian Data, Evaluasi Laporan, dan Hubungan Masyarakat,  Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat menyatakan, sesuai arahan Pos Gunung Api (PGA) di Gunung Sawur Lumajang, masyarakat masih bisa beraktivitas dalam radius lima kilometer (km) dari kawah Gunung Semeru. Meski demikian, Sarif tetap mengingatkan masyarakat untuk proaktif dalam menanggapi kondisi saat ini. 

Baca Juga

"Dan atau mengikuti arahan aparat setempat RT dan RW, desa atau pihak terkait lainnya," ucap Sarif kepada Republika.co.id, Senin (30/11).

BB TNBTS sudah mengambil langkah penutupan sementara pendakian Gunung Semeru. Hal ini tertera dalam pengumuman resmi yang dikeluarkan BB TNBTS, Ahad (29/11) malam. Untuk pendakian yang telah terdaftar, pengelola akan menjadwalkan ulang dengan mekanisme tersendiri.