Senin 30 Nov 2020 20:52 WIB

Kisah Emosional di Balik Selebrasi Messi untuk Maradona

Messi memperlihatkan kepada dunia ia mengenakan kaus Newell's Old Boys milik Maradona

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Lionel Messi melakukan penghormatan pribadi untuk Diego Maradona usai mencetak gol ke gawang Osasuna di Stadion Camp Nou.
Foto: EPA/ Andreu Dalmau
Lionel Messi melakukan penghormatan pribadi untuk Diego Maradona usai mencetak gol ke gawang Osasuna di Stadion Camp Nou.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Dari sekian banyak penghormatan terakhir untuk Diego Armando Maradona, selebrasi Lionel Messi boleh jadi yang paling berkelas. Usai mencetak gol untuk Barcelona, kapten Argentina ini melepas kostumnya. Messi memperlihatkan dirinya mengenakan jersey Newell's Old Boys milik Maradona di dalam kostum Barcelonanya kepada dunia.

Maradona telah meninggalkan lapangan hijau untuk selama-lamanya. Pemenang Piala Dunia 1986 bersama timnas Argentina tutup usia akibat serangan jantung pada umur 60 tahun di Buenos Aires, Rabu (25/11).

Baca Juga

Kepergian Maradona membuat dunia sepak bola berduka. Tak ayal, penghormatan terakhir untuk pemilik nomor punggung 10 itu kerap dilakukan dalam pertandingan bergengsi di seluruh dunia. Rata-rata, dengan mengheningkan cipta atau bertepuk tangan pada menit kesepuluh, merujuk nomor punggung Maradona.

Dari sekian banyak, salah satu paling menyita perhatian adalah selebrasi Messi usai mencetak gol keempat untuk timnya saat mengalahkan Osasuna 4-0 akhir pekan kemarin. Selain berasal dari negara yang sama, Messi boleh jadi sebagai sosok yang paling menggambarkan kesamaan dengan Maradona pada era saat ini. Keduanya sama-sama sempat berkostum Barcelona dan Newell's Old Boys.