Selasa 01 Dec 2020 18:27 WIB

Tantangan Agus Noor Adaptasi Lagu Eross ke Pentas Musikal

Agus cukup kesulitan mengubah tiap bait lagu Eross menjadi adegan teater musikal.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pentas musikal Anugerah Terindah, alih wahana lagu-lagu karya musisi Eross Candra, tayang di Mola TV mulai Sabtu, 5 Desember 2020.
Foto: Tangkapan layar konferensi pers virtual
Pentas musikal Anugerah Terindah, alih wahana lagu-lagu karya musisi Eross Candra, tayang di Mola TV mulai Sabtu, 5 Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Agus Noor sudah banyak mengarahkan pentas teater. Namun, baru kali ini dia menyutradarai pertunjukan teater musikal "Anugerah Terindah" yang mengalihwahanakan lagu-lagu karya Eross Candra, personel band Sheila on 7.

"Ini naskah terberat yang selama ini saya bikin. Tantangan banyak banget, bagaimana mengubah semua lagu menjadi alur dan konflik. Apalagi, lagu Eross semibalada, hampir setiap lagu ada ceritanya," kata Agus.

Baca Juga

Ada lagu yang liriknya bercerita tentang cinta, persahabatan, dan berbagai fenomena lain. Agus cukup kesulitan mengubah tiap bait lagu menjadi adegan, hingga dia meminta bantuan penulis muda lain untuk mendiskusikan karakter-karakternya.

Dalam proses produksi, Agus bekerja sama dengan produser Happy Salma, penata artistik Iskandar Loedin, dan sutradara visual Kamila Andini. Kamila mengatakan ini pertama kalinya dia menyandang posisi sebagai sutradara visual.

Sineas 34 tahun itu telah berpengalaman mengarahkan film dan pertunjukan panggung. Saat membuat film, Kamila bakal melihat dari kacamata penonton film, sementara untuk seni panggung dia mencoba perspektif kacamata penonton.

"Kali ini sangat berbeda karena terlibat di karya panggung tapi dari kacamata filmmaker dengan penonton ada di rumah. Sesuatu yang menarik tapi cukup rumit," ucap pengarah film Sekala Niskala itu.

Konferensi pers virtual di kanal Youtube Mola TV, Selasa (1/12), mengumumkan pula nama-nama pemeran. Pentas musikal menampilkan Mikha Tambayong, Ayushita, Asmara Abigail, Sal Priadi, Roy Sungkono, Dira Sugandi, Happy Salma, dan Reza Rahadian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement