Selasa 08 Dec 2020 18:30 WIB

First Media Dukung Produktivitas Peritel dan UMKM Indonesia

Pandemi mendorong perusahaan untuk melakukan transformasi dan mempercepat digitalisas

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
(Ka-Ki) Penandatanganan MoU kerja sama dilakukan oleh Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman bersama Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk Santiwati Basuki dan Ketua Umum APRINDO Roy N. Mandey dalam rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional 2020.
Foto: Istimewa
(Ka-Ki) Penandatanganan MoU kerja sama dilakukan oleh Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman bersama Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk Santiwati Basuki dan Ketua Umum APRINDO Roy N. Mandey dalam rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, menjalin kemitraan dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dalam penyediaan layanan broadband internet, cable TV, dan periklanan digital untuk peritel dan pelaku UMKM Indonesia. 

Simbolisasi kerja sama dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional (HRN) 2020 yang ditandai penandatanganan MoU oleh Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman bersama Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk Santiwati Basuki dan Ketua Umum APRINDO Roy N Mandey.

Menurut Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk, Marlo Budiman, PT Link Net Tbk berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi inovatif dengan memperluas kemitraan dan menciptakan kolaborasi. Kerja sama ini, dijalin dengan tujuan untuk mendukung ekosistem ekonomi digital Indonesia dan meningkatkan produktivitas para peritel pelaku UMKM baik individual maupun korporasi, melalui layanan broadband internet berkecepatan tinggi, konten-konten informatif, dan ICT solutions dari First Media dan First Media Business. 

"Kami berharap melalui layanan yang kami berikan, dapat membantu aktivitas bisnis dan mempercepat laju transformasi digital yang dilakukan anggota Aprindo," ujar Marlo dalam siaran persnya, Selasa (8/12).

Menurut Marlo, pandemi mendorong perusahaan untuk melakukan transformasi dan mempercepat digitalisasi. Berdasarkan data Aprindo, penjualan online dari industri ritel mengalami peningkatan mencapai 15-20 persen dan memberikan kontribusi sekitar 8 persen dari total penjualan. 

Dalam mengakselerasi transformasi digital, kata Marlo, kolaborasi ini memungkinkan anggota Aprindo, yaitu para peritel dan pelaku UMKM berskala kecil, menengah dan besar mengakses solusi inovatif First Media Business untuk mendukung transformasi digital perusahaan yang dapat bermanfaat guna peningkatan produktivitas dan kinerja dari perusahaan tersebut. 

First Media Business sebagai Leading Connectivity & ICT Solutions menyediakan ragam layanan digital seperti dedicated internet, cloud, data center, managed service hingga teknologi VSAT High Throughput Satellites (HTS) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.  

Dalam rangka menggiatkan transformasi digital bagi karyawan perusahaan anggota Aprindo, First Media menawarkan program khusus, Corporate Individual Scheme (CIS) untuk berlangganan layanan broadband internet dan cable TV bagi segmen residensial.

Sementara menurut Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey, ia menyambut baik kerja sama ini. Dengan komitmen untuk mendorong perkembangan industri ritel Indonesia dan tujuan yang sama, ia senang hal ini didukung oleh First Media sebagai penyedia Cable TV dan Fixed Broadband Internet. 

"Terlebih di tengah pandemi, kerja sama ini dapat mempercepat para pelaku ritel dalam melakukan transformasi digital untuk menjalankan bisnisnya, dan kami yakin First Media mampu memenuhi kebutuhan konektivitas anggota kami. Kami berharap dari kerja sama ini peritel dan pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, serta meningkatkan produktivitas dan perkembangan bisnisnya," paparnya.

Beberapa program kolaborasi First Media dan Aprindo lainnya di antaranya, Aprindo menjadi salah satu penyedia konten pada layanan cable TV First Media guna menghadirkan tayangan edukatif seputar bisnis bagi pelanggan First Media serta masyarakat umum. Tayangan ini akan menyuguhkan konten-konten terkait program pelatihan dan edukasi bagi para pelaku bisnis berskala kecil hingga besar, serta bagi masyarakat yang mempunyai minat dalam dunia usaha. 

Selain itu, para perusahaan ritel anggota Aprindo juga berkesempatan untuk memberikan special benefit bagi pelanggan residensial First Media, dengan bergabung sebagai partner dalam program loyalty First Rewards yang tersedia pada aplikasi My FirstMedia. Kehadiran program ini juga memberikan manfaat bagi para peritel anggota Aprindo untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka kepada pelanggan First Media.

Lebih lanjut, kerja sama ini menawarkan kemudahan akses bagi para peritel dan pelaku UMKM yang ingin berlangganan layanan First Media Business dan Residensial melalui Koperasi Aprindo. 

Melalui sejumlah program yang dihadirkan pada kerja sama ini, diharapkan mampu mendorong pemberdayaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di sektor ritel, serta mendorong upaya Aprindo dalam berperan aktif untuk meningkatkan produktivitas para pelaku usaha melalui Komunikasi, Edukasi, dan Informasi. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement