Ahad 13 Dec 2020 03:47 WIB

Macan Tutul Salju di Kentucky Positif Covid-19

Macan tutul salju yang positif Covid-19 alami gejala batuk kering.

Rep: Umi Nur Fadhillah/ Red: Indira Rezkisari
Macan tutul salju.
Foto: EPA
Macan tutul salju.

REPUBLIKA.CO.ID, LOUISVILLE — Macan tutul salju betina berusia lima tahun di Kebun Binatang Louisville di Kentucky dinyatakan positif mengidap SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19 pada manusia. Kebun Binatang Louisville mengumumkan tes positif macan tutul salju, NeeCee, pada Jumat (11/12) pagi. Pengelola juga sedang menunggu hasil tes usap dari dua macan tutul salju jantan.

Pengelola Kebun Binatang Louisville, kasus SARS-CoV-2 pada macan tutul salju adalah untuk pertama kalinya. Kasus itu juga menjadi yang pertama kalinya seekor hewan di kebun binatang dinyatakan positif terkena virus, serta contoh pertama kebun binatang menguji hewan untuk virus tersebut.

Baca Juga

“Semua macan tutul salju memiliki gejala ringan dan mendapat perawatan yang sangat baik,” kata Direktur Kebun Binatang Louisville, John Walczak dalam konferensi pers dilansir dari USA Today, Sabtu (12/12).

Dia mengharapkan macan tutul salju betina tersebut segera membaik kondisinya. Hewan tersebut mulai menunjukkan gejala pernapasan ringan, termasuk batuk kering dan mengi dalam dua minggu terakhir.