Ahad 13 Dec 2020 21:31 WIB

The Jerusalem Post: Israel akan Jalin Diplomasi dengan RI

Selain Indonesia, Israel juga dilaporkan bakal menjalin hubungan dengan Oman.

Red: Erik Purnama Putra
 Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu
Foto: AP/Yonatan Sindel/Pool Flash 90
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Dua negara yang mungkin masuk dalam daftar berikutnya dalam menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa pekan mendatang, adalah Oman dan Indonesia, kata sumber diplomatik yang dilaporkan The Jerusalem Post pada Ahad (13/12).

Pemerintahan (AS) Donald Trump melanjutkan upayanya untuk membawa lebih banyak negara Arab dan Muslim ke dalam Perjanjian Abraham, di mana Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko telah menyetujui normalisasi hububgan dengan Israel.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan pada Sabtu (12/12) malam waktu setempat, setelah Bhutan setuju untuk menjalin hubungan dengan Israel di luar kerangka perjanjian, bahwa Israel "berhubungan dengan negara lain yang ingin bergabung dan menjalin hubungan dengan kami."

Menteri Kerja Sama Regional Israel, Ofir Akunis mengonfirmasi kepada Radio Angkatan Darat pada Ahad pagi, Wakil Presiden AS Mike Pence akan mengunjungi Israel pada Januari 2021. Menurut Akunis, selama kunjungan Pence, orang nomor dua di negeri Paman Sam tersebut dapat mengumumkan bahwa negara lain akan menjalin hubungan dengan Israel.