Rabu 16 Dec 2020 16:15 WIB

Song Kang-Ho Jadi Aktor Korea Terpopuler Tahun Ini

Song Kang-ho terpilih sebagai aktor paling terkenal selama dua tahun berturut-turut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Song Kang-ho (paling kiri) terpilih menjadi aktor Korea terpopuler tahun ini. Hasil tersebut tak lepas dari perannya dalam film Parasite. (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/David Swanson
Aktor Song Kang-ho (paling kiri) terpilih menjadi aktor Korea terpopuler tahun ini. Hasil tersebut tak lepas dari perannya dalam film Parasite. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Perusahaan jasa riset dan konsultasi strategis, Gallup Korea, mengumumkan hasil jajak pendapat tahunannya tentang bintang film paling terkenal tahun ini. Selama dua tahun berturut-turut, Song Kang-ho terpilih sebagai aktor film paling terkenal tahun ini dengan skor 27,8 persen.

Meskipun film box office-nya, Parasite, dirilis pada 2019, sinema ini menjadi berita utama di seluruh dunia ketika memenangkan empat Oscar di Academy Awards yang diadakan pada Februari 2020. Hasil itu menjadi bukti kehadirannya yang besar di dunia perfilman Korea.

Di posisi kedua ada Lee Byung-hun, bintang The Man Standing Next yang disebut-sebut sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak pada 2020. Byung-hun juga secara konsisten membintangi film-film terkenal selama kariernya dan menduduki peringkat pertama di Gallup pada jajak pendapat sebelumnya.

Di tempat ketiga ada Ma Dong-seok, seorang aktor karismatik yang dikenal sering mengambil film dengan genre beragam. Dia muncul dalam film tentang bencana Ashfall pada akhir 2019, tetapi juga menjadi berita utama tahun lalu ketika berperan dalam film Marvel The Eternals bersama bintang Hollywood seperti Angelina Jolie. Film itu kini telah ditunda karena pandemi Covid-19.

Daftar 10 besar terus didominasi oleh aktor pria. Kim Hye-soo (nomor sembilan) dan Lee Jung-eun (nomor 10) menjadi satu-satunya aktris yang berhasil masuk. Gallup Korea mencatat bahwa pemeringkatan tertinggi yang dimiliki aktor wanita yaitu pada polling yang dilakukan pada 2007, ketika Jeon Do-yeon menempati peringkat pertama. Pada 2008, Son Ye-jin, Kim Hye-soo, dan Jeon Do-yeon berada di peringkat dua hingga empat.

Sejak 2007, Gallup Korea telah mengadakan jajak pendapat tahunan di mana publik Korea Selatan memilih karakter paling terkenal tahun ini. Untuk jajak pendapat 2020, sebanyak 1.700 orang berusia di atas 13 tahun disurvei pada 5 dan 29 November dari seluruh daratan Korea Selatan. Dilansir di Soompi, Rabu (16/12), jajak pendapat yang diminta terkait bintang variety atau komedian dan atlet olahraga yang paling dikenal.

Pandemi Covid-19 membuat industri film di Korea Selatan dan di seluruh dunia mengalami kemunduran serius. Bioskop tutup, banyak film yang terpaksa menunda tanggal tayang, hingga kesulitan syuting di lokasi.

Menurut Komisi Film Korea, ada lima film pada 2019 yang melampaui 10 juta penonton bioskop di box office domestik dan sekitar 50 film yang melampaui satu juta penonton bioskop.

Pada 2020, angka itu turun menjadi 17 film yang melampaui satu juta penonton bioskop. Penonton terbanyak tahun ini untuk film The Man Standing Next dengan 4,75 juta penonton bioskop. Di sisi lain, terdapat peningkatan yang mencolok dalam penggunaan layanan streaming.

Berikut daftar 10 selebritas paling terkenal di Korea:

1. Song Kang-ho (27,8 persen)

2. Lee Byung-hun (14,0 persen)

3. Ma Dong-seok (9,1 persen)

4. Hwang Jung Min (7,5 persen)

5. Jung Woo-sung (6,2 persen)

6. Gong Yoo (5,9 persen)

7. Ha Jung-woo (4,0 persen)

8. Lee Jung-jae (3,6 persen)

9. Kim Hye-soo (3,5 persen)

10. Lee Jung-eun (3,4 persen)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement