Jumat 18 Dec 2020 04:56 WIB

Rashford Dua Gol, MU Petik Kemenangan di Kandang Sheffield

MU menjaga rekor 100 persen pada laga tandang untuk naik ke posisi enam klasemen.

Red: Israr Itah
Marcus Rashford (kiri) mencetak dua gol dalam kemenangan Manchester United 3-1 atas Sheffield United di Liga Primer Inggris, JUmat (18/12) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Rui Vieira
Marcus Rashford (kiri) mencetak dua gol dalam kemenangan Manchester United 3-1 atas Sheffield United di Liga Primer Inggris, JUmat (18/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) memaksimalkan hasil buruk yang diderita tim-tim unggulan untuk merangsek ke papan atas Liga Primer Inggris. MU kini naik ke posisi enam dari sembilan setelah memetik kemenangan 3-2 atas penghuni dasar klasemen Sheffield United, Jumat (18/12) dini hari WIB. Setan Merah juga mempertahankan rekor sempurna dalam laga tandang. Bruno Fernandes dkk menyapu bersih enam kemenangan di kandang lawan.

MU kini mengumpulkan nilai 23, berselisih lima poin dari pemuncak klasemen Liverpool dan dua angka dari Tottenham Hotsour di posisi kedua. Setan Merah juga masih punya satu laga sisa lebih banyak karena baru bermain 12 kali. Adapun Sheffield masih terpuruk di dara klasemen dengan nilai satu dari 13 pertandingan.

Baca Juga

Jalannya laga

Bermain di kandang sendiri di Bramall Lane, Sheffield memulai laga dengan percaya diri. Tim asuhan Chris Wilder menekan tamunya sejak di pertahanan mereka. Permainan agresif Sheffield ini tampaknya mengejutkan MU. Hingga pada menit kelima, MU kebobolan lewat blunder kiper Dean Henderson.

Menerima backpass, Henderson tak lekas memutuskan mengarahkan ke mana mengarahkan bola. Ollie Burke dengan cepat menutup arah passing Henderson dan berhasil mencegahnya dengan sliding tekel. Dalam keadaan terbaring, Burke masih bisa menendang bola ke depan gawang kosong yang dengan cepat disambar rekannya David McGoldrick.

Menit kesepuluh, Sheffield harus menarik Sander Berge karena cedera hamstring dan digantikan Phil Jagielka.

MU perlahan mulai bisa memberikan ancaman. Namun pada menit ke-16, gawang Henderson hampir kebobolan untuk kali kedua setelah serangan balik Sheffield membuat John Fleck terbebas di kotak penalti MU. Namun sepakan kaki kirinya hanya melenceng tipis di samping gawang Henderson, padahal Fleck dalam posisi tak terjaga.

Kegagalan Fleck ini mesti dibayar mahal. Sebab MU terus mendapatkan kepercayaan diri dalam menyerang, terutama mengandalkan umpan terobosan dari tengah mengandalkan pergerakan cepat Marcus Rashford dan Anthony Martial menembus perangkap offside. 

Setelah beberapa kali gagal, Rashford akhirnya memecah kebuntuan MU pada menit ke-26. Operan jauh dari Victor Lindelof ditahan Rashford yang lolos darijebakan offsiden dengan sempurna untuk kemudian melepaskan tendangan keras menaklukkan Aaron Ramsdale.

Tujuh menit berselang, MU balik memimpin lewat gol Martial dengan proses mirip. Kali ini, Paul Pogba yang memberikan operan matang dari tengah untuk melepaskan kompatriotnya dari posisi offside. Martial melewati Ramsdale yang keluar dari sarangnya dan kemudian menendang bola ke gawang kosong. Skor bertahan hingga babak pertama usai.

MU makin menjauh saat Rashford mencetak gol keduanya untuk membawa MU memperbesar keunggulan pada menit ke-51. Kali ini serangan balik MU melibatkan Bruno Fernandes dan Marcus Greenwood diselesaikan dengan tendangan menyusur rumput yang tak bisa dihentikan sempurna oleh Ramsdale yang udah menjatuhkan badannya.

MU tampaknya akan memenangkan laga dengan nyaman. Namun laga kemudian berubah menegangkan saat Goldrick mencetak gol keduanya pada laga ini pada menit ke-87 lewat situasi sepak pojok. 

MU berjuang habis-habisan pada sisa laga untuk mempertahankan keunggulan. Henderson membuat satu penyelamatan gemilang dari Lys Mousset untuk menjaga MU tetap unggul. Tendangan setengah voli Mousset di kotak penalti MU ditepis Henderson. Hingga empat menit injury time berlalu, MU bisa mengakhiri laga dengan kemenangan.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement