Senin 21 Dec 2020 16:09 WIB

Tesla Dorong Otomotif AS Menuju Elektifikasi di 2020

Tahun 2021, semua tanda mengarah pada industri yang mempercepat ke arah elektrifikasi

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Pejalan kaki melewati gerai mobil Tesla di Jerman.
Foto: EPA
Pejalan kaki melewati gerai mobil Tesla di Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT--Tesla Inc dan Wall Street menjadikan tahun 2020 sebagai tahun di mana industri otomotif AS memutuskan untuk beralih ke listrik.

Kapitalisasi pasar Tesla melonjak di atas 600 miliar dolar AS, membuat perusahaan rintisan yang dulunya goyah yang didirikan oleh miliarder Elon Musk ini bernilai lebih dari gabungan lima grup pembuat kendaraan global terlaris.  

Pada hari Jumat, Tesla naik ke rekor tertinggi dalam perdagangan panik menjelang masuknya saham yang sangat diantisipasi ini ke dalam indeks acuan S&P 500. Untuk tahun 2021, semua tanda mengarah pada industri yang mempercepat peralihannya ke elektrifikasi, titik balik yang secara historis penting seperti peluncuran jalur perakitan bergerak Ford Motor Co untuk kebangkrutan Model T atau General Motors tahun 2009.

Kenaikan Tesla terjadi pada tahun yang sama ketika aktivis hedge fund dan investor lain meningkatkan tekanan pada perusahaan untuk melawan perubahan iklim.  Bukti berkembang bahwa lebih banyak investor telah menyimpulkan dominasi selama satu abad dari mesin pembakaran internal 'ICE', sedang menuju penutupan dalam satu dekade.