Ahad 27 Dec 2020 02:39 WIB

5 Latihan Rutin untuk Lawan Stres dan Kurangi Kecemasan

Stres dan cemas berlebih bisa juga memicu masalah kesehatan yang serius.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Perempuan Meditasi (Ilustrasi)
Foto: Google
Perempuan Meditasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Stres dan cemas berlebih menjadi sangat umum dialami masyarakat selama pandemi Covid-19. Namun, itu bukan berarti bahwa tidak masalah merasakan stress dan cemas ya! Menjaga kesehatan mental itu sangatlah penting.

Stres dan cemas berlebih bisa juga memicu masalah kesehatan yang serius. Meskipun hal-hal seperti itu tidak dapat Anda kendalikan, ada beberapa langkah tertentu yang dapat Anda lakukan untuk melawan stres dan kecemasan.

Baca Juga

Berikut latihan yang harus Anda sertakan dalam rutinitas sehari-hari untuk mengurangi stres dan kecemasan seperti dilansir dari Times Now News pada Kamis (24/12).

Meditasi

Meditasi bisa merelaksasi pikiran, tubuh dan jiwa Anda. Meditasi juga akan mengurangi risiko kesehatan akibat stres dan kecemasan. Saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa anda unduh untuk membantu anda dalam bermeditasi, seperti headspace dan ketenangan. Anda juga dapat mendengarkan podcast meditasi.

Yoga

Yoga dikenal sebagai olahraga yang ampuh memerangi stres dan kecemasan. Posisi yoga tertentu seperti menekuk kepala hingga lutut ke depan bisa menjauhkan Anda dari stres dan cemas berlebih. Yoga memiliki berbagai teknik pengurangan stres. Anda dapat berlatih yoga di rumah atau bergabung dengan kelas online. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental Anda.

Teknik pernapasan 4-7-8

Dalam latihan ini Anda perlu menutup mulut dan menarik napas melalui hidung hingga hitungan ke 4, lalu tahan napas hingga hitungan ke 7 dan terakhir buang napas hingga hitungan ke 8. Latihan khusus ini dipercaya bisa merilis rasa cemas yang berkelindan dalam diri serta membantu Anda dalam situasi stres.

Jalan-jalan

Jalan-jalan adalah olahraga yang paling mudah dan memiliki beberapa manfaat. Jika Anda berjalan-jalan di pagi atau malam hari, itu akan membantu Anda melawan stres dan cemas berlebih. Berjalan sambil melihat pemandangan alam yang indah juga akan membuat Anda merasa ringan dan rileks.

Kegiatan komunitas

Melakukan kegiatan dengan komunitas atau teman terdekat, entah itu masak bersama, jogging bersama, atau sekadar berbagi cerita dipercaya bisa membantu merilis stress dan cemas berlebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement