Ahad 27 Dec 2020 23:10 WIB

Laga West Ham United Vs Brighton Berakhir Imbang

Penampilan buruk West Ham gagal dimanfaatkan Brighton & Hove Albion.

Rep: Hartifiany Praisa/ Red: Agung Sasongko
Pemain West Ham United, Tomas Soucek mencetak gol penyama kedudukan pada laga West Ham United melawan Brighton.
Foto: EPA-EFE/Kirsty Wigglesworth
Pemain West Ham United, Tomas Soucek mencetak gol penyama kedudukan pada laga West Ham United melawan Brighton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penampilan buruk West Ham gagal dimanfaatkan Brighton & Hove Albion saat bentrok pada lanjutan Liga Primer Inggris di London Stadium, Ahad (27/12). West Ham mampu memaksakan laga berakhir imbang 2-2.

West Ham tertinggal lebih dulu lewat gol, Neal Maupay (44) dan Lewis Dunk (70). The Hammers merespons dengan gol Ben Johnson (60) dan Tomas Soucek (81).

photo
Laga West Ham United Vs Brighton - (EPA-EFE/Kirsty Wigglesworth)

Khusus gol Ben Johnson, gol tersebut terasa istimewa lantaran menjadi pemain termuda untuk klub yang dilatih David Moyes yang mencetak gol di Liga Primer Inggris sejak April 2014.  Rekor sebelumnya dipegang Adnan Januzaj yang mencetak gol ke gawang Newcastle United pada usia 19 tahun 59 hari.

Hasil itu membuat West Ham menempati urutan ke-10 klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 22 poin. Sedangkan, Brighton masih bekerja keras keluar dari zona degradasi dengan raihan 13 poin dengan menempati posisi ke-13. 

Pada laga berikutnya, West Ham akan bertandang ke markas Southampton di St Mary. Sementara, Brighton akan menjamu Arsenal.

Jalannya Laga

West Ham United memainkan formasi 3-4-1-2 dengan menyimpan duo striker, Jarrod Bowen dan Sebastien Haller. Sementara Brighton bermain dengan formasi 3-4-2-1 dengan menyimpan Danny Welbeck sebagai striker tunggal.

Pertandingan dibuka dengan tekanan yang dilakukan Danny Welbeck dari tendangan ke arah gawang West Ham yang masih melengkung. West Ham gagal mengeksekusi peluang beruntun dari tendangan pojok.

Menit ke- 30, West Ham kembali melepas peluang dari tendangan bebas dari luar penalti. Beberapa kali menekan pertahanan Brighton, West Ham justru kebobolan terlebih dahulu di menit 44 dari tendangan Maupay yang memanfaatkan overlap dari March.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan tim tamu dengan skor 0-1. Babak kedua dimulai dengan saling serang antar kedua tim. Berbeda dari babak pertama yang cenderung monoton, pergerakan bola kini lebih cepat.

Pada menit ke-60, West Ham berhasil menyamakan kedudukan dari tendangan Ben Johnson yang memanfaatkan assist Lanzini dan menendang ke arah atas gawang. Skor berubah menjadi imbang 1-1.

photo
Pemain West Ham United, Ben Johnson mencetak gol ke gawang Brighton. - (EPA-EFE/Neil Hall )

Tak butuh waktu lama bagi Brighton kembali unggul dari tim tuan rumah. Menit 69, Dunk berhasil memanfaatkan tendangan sudut dari Coufal meski wasit harus melihat kembali tayangan VAR karena kecuriggaan handsball. Skor berubah menjadi 1-2 atas keunggulan Brighton.

photo
Ekspresi Penyerang Brighton, Neal Maupay saat mencetak gol ke gawang West Ham. - (EPA-EFE/Kirsty Wigglesworth )

Menit 81, West Ham kembali menyamakan kedudukan dari tendangan pojok Burn yang berhasil dieksekusi oleh Soucek dan mengubah skor menjadi 2-2. Wasit memberikan waktu perpanjangan selama empat menit.

Daftar Susunan Pemain

West Ham United: Lukasz Fabianski; Aaron Cresswell, Fabian Balbuena, Angelo Ogbonna; Vladimir Coufal, Tomas Soucek, Ben Johnson, Declan Rice; Mark Noble, Jarrod Bowen, Sebastien Haller.

Brighton and Hove Albion: Robert Sanchez; Adam Webster, Lewis Dunk, Dan Burn; Ben White, Yves Biddouma, Adam Lallana, Solly March; Neal Maupay, Leandro Trossard, Danny Welbeck.

 

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement