Senin 28 Dec 2020 06:56 WIB

Spesifikasi Laptop Bertenaga Kirin Pertama Huawei Bocor

Laptop itu diberi nama Qingyun L410 dan diharapkan menjadi versi yang lebih murah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Agus Yulianto
Huawei MateBook X.
Foto: gsm arena
Huawei MateBook X.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu yang lalu, GSMArena mendengar Huawei sedang mengerjakan beberapa PC yang didukung oleh silicon sendiri-PC desktop dan laptop. Perusahaan mengonfirmasi PC desktopnya ditenagai oleh chip HiSilicon ARM-nya dan sekarang lebih detail tentang notebook juga.

Dilansir dari GSMArena, Senin (28/12), seorang pemberi keterangan rahasia Weibo yang dapat dipercaya mengunggah foto buku catatan yang mengungkapkan beberapa spesifikasi utama. Perangkat ini ditenagai oleh chipset Kirin 990 yang dipasangkan dengan RAM 8GB, SSD 512GB dan layar 1080p 14 inci.

Laptop tersebut menjalankan Deepin OS 20 berbasis Linux, tetapi transisi ke HarmonyOS akan dimungkinkan di masa mendatang. Laptop itu diberi nama Qingyun L410 dan diharapkan menjadi versi yang lebih murah dari MateBook 14. 

Ada juga kemungkinan perangkat tersebut mendukung konektivitas 5G mengingat SoC itu sendiri dilengkapi dengan modem 5G terintegrasi.

Bagaimanapun, notebook pasti akan memasuki pasar China terlebih dulu sebelum go internasional jika Huawei memiliki rencana untuk merilisnya di luar China.

Sebelumnya, Huawei memperkenalkan serangkaian produk baru dalam sebuah acara di China pada September lalu. Salah satunya yakni jajaran produk PC andalan Huawei, Huawei MateBook X.

"Di masa mendatang, kami akan terus bekerja dengan mitra kami yang berharga untuk menawarkan pengalaman yang lebih cerdas dan berkualitas tinggi kepada konsumen di seluruh dunia," ujar Executive Director and CEO of Huawei Consumer BG, Richard Yu.

Huawei MateBook X memiliki bobot 1 kg dengan 13.6 mm pada bagian paling tebal dan berukuran lebih kecil dari selembar kertas A4. Huawei MateBook X yang baru diklaim notebook pertama yang menampilkan 3K Infinite FullView.

Layar ini juga mendukung multitouch dengan dukungan gerakan seperti Fingers Gesture Screenshot, yang memungkinkan pengguna mengambil screenshot dengan menggesek layar dengan tiga jari ke bawah, layaknya di smartphone.

Didukung oleh prosesor Intel Core Generasi ke-10, notebook baru ini dilengkapi touchpad 26 persen lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dan kini dilengkapi fitur Huawei Free Touch untuk menawarkan umpan balik haptik penuh.

 

Sumber:

 

 

https://www.gsmarena.com/huaweis_first_kirinpowered_laptop_specs_leak-news-46916.php

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement