Senin 28 Dec 2020 13:31 WIB

PLN Kantongi 500 Juta Dolar AS untuk Proyek Kelistrikan EBT

PLN mendapatkan fasilitas pinjaman green loan.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Energi Terbarukan
Foto: energy.gov
Energi Terbarukan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Melalui pilar green dalam transformasinya, PLN terus berkomitmen menghadirkan listrik yang ramah bagi lingkungan. Komitmen tersebut memperoleh dukungan finansial sebesar 500 juta dolar AS dari perbankan internasional dengan mendapatkan jaminan dari Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) yang merupakan anggota dari Grup Bank Dunia. 

Adapun para kreditur untuk fasilitas ini antara lain adalah Citibank, DBS Bank, JPMorgan, KfW IPEX, LBBW, OCBC, Standard Chartered Bank dan SMBC. Ini, merupakan transaksi pinjaman green loan pertama yang diperoleh BUMN di Indonesia dan yang pertama kali dieksekusi oleh PLN.  

Baca Juga

Dukungan ini akan PLN khususkan untuk pendanaan  jangka panjang Energi Baru Terbarukan (EBT) dan infrastruktur kelistrikan yang ramah lingkungan. Melalui program perdana bertajuk Non-Honouring of Finansial Obligation by State-Owned Enterprise (NHFO-SOE), MIGA akan menjamin 95 persen pembiayaan selama 5 (lima) tahun ke depan. 

Transaksi ini juga merupakan transaksi pertama MIGA dengan menggunakan skema NHFO-SOE dan merupakan transaksi pertama dalam masa pandemi baik di Indonesia maupun di regional. “Dalam periode likuiditas dan pasar pinjaman yang serba sulit, PLN berhasil mengupayakan tercapainya efisiensi biaya dalam keuangan dengan menerapkan struktur yang dirancang untuk menarik kreditur internasional,” terang Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly dalam keterangan pers, Senin (28/12).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement