Selasa 29 Dec 2020 07:35 WIB

Pemkab Bogor Resmikan 19 Rumah Pompa Air

Bojongkulur kerap banjir di musim hujan karena berada di tengah aliran sungai

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Christiyaningsih
[Ilustrasi] Petugas memeriksa pompa air.
Foto: Republika/Yasin Habibi
[Ilustrasi] Petugas memeriksa pompa air.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Kerap terdampak banjir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meresmikan 19 pompa air di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Pompa air ini ditujukan khususnya untuk masyarakat di perumahan Villa Mahkota Pesona dan Villa Nusa Indah.

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan hal itu dilakukan untuk menanggulangi masalah banjir di wilayah tersebut. Apalagi, wilayah Bojongkulur kerap banjir di musim hujan karena berada di tengah aliran Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas.

Baca Juga

“Dataran Bojongkulur itu lebih rendah sehingga rawan banjir. Pompa air ini sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah genangan air dan banjir. Saat tanggul rembes, pintu air bocor atau hujan lokal, pompa dinyalakan untuk membuang air dari perumahan ke sungai,” kata Ade Yasin, Senin (28/12).

Ia menjelaskan pengadaan pompa banjir adalah untuk memenuhi permintaan masyarakat Desa Bojongkulur yang terdampak banjir. Pompa itu selesai dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor pada September.