Rabu 30 Dec 2020 02:58 WIB

Arsenal Curi Tiga Poin dari Brighton

Arsenal menang tipis dengan skor 1-0 atas Brighton melalui gol Alexandre Lacazette.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita
Alexandre Lacazette
Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Alexandre Lacazette

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brighton and Hove Albion gagal mengamankan poin saat menjamu Arsenal pada laga lanjutan pekan ke-16 Liga Primer Inggris di Falmer Stadium, Rabu (30/12) dini hari WIB. The Gunners menang tipis dengan skor 1-0 melalui gol Alexandre Lacazette. 

Pada babak pertama, tuan rumah Brighton langsung memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Arsenal. Ancaman pertama tercipta di menit ke-11 oleh Jahanbakhsh dengan tembakan kaki kanan dari bagian tengah kotak 16. Namun percobaan itu masih melebar ke kiri. 

Baca Juga

Sementara the Gunners baru bisa memberikan ancaman di menit ke-14. Kala itu, Tierney mencuri bola dari Veltman dan memberikan umpan terobosan ke tengah. Namun, Dunk bertahan dengan baik untuk menghentikan laju bola. 

Pada menit ke-16, Dan Burn mendapat peluang emas di depan gawang saat menerima umpan dari Bissouma. Namun, tandukannya masih belum menemui sasaran, meleset di sebelah kanan gawang. 

Brighton terus menggempur pertahanan Arsenal dengan beberapa peluang di depan gawang. Seperti pada menit ke-24 Bernardo memaksimalkan umpan Pascal dengan tandukannya namun masih bisa diblokir dan dilanjutkan oleh Propper yang juga diblokir. 

Pada menit ke-37 Brighton kembali menciptakan peluang, kali ini giliran Jahanbakhsh dengan tembakan kaki kiri dari sisi kiri kotak 16. Namun, lagi-lagi percobaan itu berhasil digagalkan oleh kiper di sudut kiri bawah gawang. 

Tidak ada gol yang berhasil diciptakan oleh kedua tim hingga turun minum. Babak pertama pun berakhir imbang dengan skor kacamata.

photo
Bukayo Saka - (EPA-EFE/Frank Augstein)

Pada babak kedua, Brighton mengawali serangan ke lini pertahanan Arsenal. Satu menit pertama Bernardo langsung mengancam gawanh dengan tembakan kaki kirinya, namun berhasil diblokir oleh kiper. 

Arsenal juga berhasil menciptakan peluang emas saat Saka memberikan umpan silang ke muka gawang Brighton yang disambut oleh Aubameyang, namun Sanchez dengan sigap berhasil menepis bola keluar lapangan dan hanya menghasilkan tendangan sudut. 

Dari tendangan sudut itu, Mari menyambutnya dengan tandukan tetapi masih meleset dari sasaran. Selanjutnya pada menit ke-52, Martinelli hampir mencetak angka dengan tendangan kaki kanannya saat melanjutkan umpan dari Rowe. Namun, bola masih meleset sedikit di atas mistar gawang. 

Pada paruh kedua Arsenal tampak bermain lebih agresif dengan permainan terbuka. Gawang Brighton mendapat beberapa ancaman yang mengejutkan dari skuad the Gunners. Namun, sejauh ini mereka masih bisa bertahan dengan baik. 

Saka kerap menjadi motor serangan the Gunners. Kali ini, pemain itu memberikan umpan kepada Xhaka di tengah kotak 16 yang disambut dengan sundulan langsung ke gawang. Namun, Sanchez lagi-lagi berhasil menggagalkan upaya tersebut. 

Arsenal akhirnya berhasil mencetak angka di menit ke-66 saat Saka melancarkan serangan balik dengan cepat dan memberikan umpan ke tengah setalah berlari ke area pertahanan lawan. Lacazette yang menerima umpan tersebut berhasil membuka keunggulan bagi the Gunners. Skor sementara 1-0 untuk Arsenal. 

Saka kembali mengancam di menit ke-73 dengan tembakan kaki kiri dari bagian tengah kotak 16. Namun, bola berhasil diblokir di bagian pertahanan. Tidak ada gol tambahan yang berhasil diciptakan di waktu tersisa. Arsenal berhasil mengamankan poin penuh dengan kemenangan tipis 1-0. 

Berikut adalah line up kedua tim: 

Brighton: Robert Sanchez (kiper); A. Webster, L. Dunk, D. Burn; J. Veltman, Y. Bissouma, D. Propper, Bernardo; Pascal Grob, A. Mac Allister; A. Jahanbakhsh 

Cadangan: B. White, A. Connolly, N. Maupay, L. Trossard, D. Welbeck, S. March, J. Steele, A. Zeqiri, J. Molumby 

Pelatih: G. Potter 

Arsenal: Bern Leno (kiper); K. Tierney, P. Mari, R. Holding, H. Bellerin; Granit Xhaka, M. Elneny; G. Martinelli, E. S. Rowe, Bakayoko Saka; Pierre-Emerick Aubameyang 

Cadangan: D. Ceballos, A. Lacazette, R. Runarsson, A. Maitland-Niles, Cedric, N. Pepe, S. Mustafi, J. Willock, E. Nketiah 

Pelatih: M. Arteta

 

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement