Rabu 30 Dec 2020 20:55 WIB

Tahun Depan, Kominfo Siapkan Pengembangan 5G

Kominfo juga akan berupaya mendorong pemerataan 4G.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan 5G
Foto: Huawei Indonesia
Jaringan 5G

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menegaskan komitmen Pemerintah untuk mempercepat transformasi digital dan pengembangan sektor teknologi informatika dan komunikasi di Indonesia. Johnny mengungkap, hal ini juga akan dikebut pada 2021 yang tinggal menghitung hari.

Salah satunya persiapan pengembangan teknologi 5G di Indonesia. "Tahun 2021 juga akan ditandai dengan persiapan deployment 5G technology di Indonesia," ujar Johnny dalam konferensi pers Kaleidoskop 2020 & Outlook 2021 yang disiarkan secara daring, Rabu (30/12).

Baca Juga

Ia mengatakan, persiapan teknologi 5G akan diawali di beberapa spot pariwisata utama, yaini kawasan industri, ataupun kota-kota mandiri yang dari sisi ekosistem yang dinilai telah siap dengan 5G.

Namun, Johnny menegaskan persiapan 5G ini juga bersamaan dengan optimalisasi dan maksimalisasi deployment 4G. Hal ini untuk meningkatkan internet link ratio dan memperkecil disparitas digital atau digital divide antar wilayah di Indonesia.