Kamis 31 Dec 2020 08:03 WIB

Sunnah Cuci Tangan Setelah Bangun Tidur

Rasulullah mengajarkan melakukannya sebelum mengambil wudhu sehabis bangun tidur.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Sunnah Cuci Tangan Setelah Bangun Tidur.
Foto: www.freepik.com
Sunnah Cuci Tangan Setelah Bangun Tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencuci tangan setelah bangun tidur ternyata merupakan salah satu sunnah yang diajarkan Rasulullah. Mencuci tangan setelah bangun tidur menjadi sangat penting, bahkan Rasulullah mengajarkan melakukannya sebelum mengambil wudhu sehabis bangun tidur.

Sebab ketika dalam posisi tidur, seseorang tidak akan menyadari letak posisi tangannya. Sehingga dengan langsung mencuci tangan sehabis bangun tidur, dapat membersihkan tangan dari kuman, kotoran, atau bahkan benda najis sekali pun yang mungkin terpegang tangan ketika tertidur. 

Baca Juga

Keterangan tentang ajaran Rasulullah mencuci tangan setelah bangun tidur ini dapat ditemukan dalam Sunan Nasai, pembahasan thaharah nomor 1. Berikut redaksi lengkap haditsnya. 

أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ فَلَا يَغْمِسْ يَدَهُ فِي وَضُوئِهِ حَتَّى يَغْسِلَهَا ثَلَاثًا فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَا يَدْرِي أَيْنَ بَاتَتْ يَدُهُ

Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dia berkata telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri dari Abu Salamah dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, jangan mencelupkan tangannya ke tempat wudhunya sehingga dia mencuci tangannya sebanyak tiga kali, karena salah seorang dari kalian tidak tahu di mana tangannya bermalam."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement