Kamis 31 Dec 2020 13:19 WIB

Anggota KPU Viryan Aziz Positif Covid-19

Viryan menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya sesuai dengan protokol kesehatan

Red: A.Syalaby Ichsan
Komisioner KPU RI Viryan Azis saat ditemui wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (5/3).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Komisioner KPU RI Viryan Azis saat ditemui wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (5/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Anggota KPU RI Viryan Aziz mengaku dirinya positif terinfeksi Covid-19 yang diketahui setelah menerima hasil dari tes usap."Saya baru menerima hasil 'swab' dan positif Covid-19," kata Viryan Aziz, di Jakarta, Kamis (31/12).

Untuk sementara ini, Viryan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Viryan menjelaskan pada 26 Desember 2020 dia menjalankan tugas ke Merauke. Kemudian, dalam perjalanan tersebut, dia merasa kurang enak badan.

"Tiba di bandara Merauke saya di tes cepat oleh dokter setempat dan hasilnya nonreaktif, dilakukan cek darah diketahui HB rendah dan yang lain normal," ucap dia.

Aktivitas di Merauke, kata dia, dikurangi  karena kondisi kesehatannya. Selanjutnya Viryan kembali ke Jakarta pada 29 Desember 2010."Kondisi sudah agak baikan. Tiba di rumah suhu tubuh saya berkisar 36-38 derajat, sehingga saya putuskan kemarin malam saya 'swab', hasilnya tadi keluar positif," ungkap dia.

Viryan juga menginformasikan kondisi-nya saat ini, suhu tubuh masih sekitar 38 derajat dan masih terasa pusing-pusing.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Arief Budiman dan anggota Pramono Ubaid Tanthowi yang dinyatakan positif Covid-19 pada September 2020. Keduanya lalu telah dinyatakan sembuh atau negatif hasil dari pemeriksaan tes usap atau tes swab.

Anggota KPU RI Ilham Saputra ketika itu mengatakan keduanya telah melaksanakan tes usap, cek darah, dan foto atau scan thorax terakhir pada Jumat, 23 Oktober 2020 di tempat yang berbeda."Dari tes usap hari itu, pada Sabtu (24/10) telah diketahui bahwa saudara Pramono telah dinyatakan negatif. Sementara saudara Arief Budiman baru diketahui hasilnya pada hari ini, Senin (26/10) dan hasilnya negatif," kata Ilham.

Kemudian keduanya lanjut dia telah melakukan isolasi selama kurang lebih 35 hari pascadinyatakan terpapar COVID-19."Dalam rapat pleno pada hari ini, keduanya telah menyampaikan laporan mengenai perkembangan kesehatan mereka," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement