Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Nabi SAW Mendengarkan Saran, Begini Teladannya

Jumat 01 Jan 2021 22:55 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Nabi SAW Mendengarkan Saran, Begini Teladannya

Nabi SAW Mendengarkan Saran, Begini Teladannya

Foto: Republika.co.id
Musyawarah menjadi hal yang paling menonjol dari pribadi Nabi Muhammad SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sejumlah peristiwa besar Islam, Nabi Muhammad SAW selalu mengutamakan diri untuk bertawakal kepada Allah dan juga meminta saran kepada para sahabat. Musyawarah menjadi hal yang paling menonjol dari pribadi Nabi SAW di kala memimpin umat Islam.

Dalam buku Yang Tersembunyi dari Sirah Nabi karya Musthafa As-Siba’I dijelaskan, Nabi mendahulukan musyawarah dan menerima saran dari para sahabat. Dalam Perang Badar dan Perang Khaibar misalnya, Nabi menjadi teladan yang luhur karena Nabi berlaku sebagai hakim yang ikhlas, pemimpin bijaksana, dai yang benar yang mau mendengarkan saran dari para sahabat.

Baca Juga

Konsep musyawarah merupakan ajaran Islam yang bersumber langsung dari Allah. Dalam Alquran Surha As-Syura ayat 38, Allah SWT berfirman: “Wa amruhum suraa bainahum,”. Yang artinya: “Sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka,”.

Adapun sifat penguasa Muslim yang abadi dalam sejarah adalah meminta nasihat. Tidak berhak bagi pemimpin untuk berlaku sewenang-wenang dan bertukar pikiran dengan seorang ahli yang menyusahkannya. Disarankan untuk meletakkan orang ahli pada tempatnya, begitu pun ketika bertanya.

Allah berfirman dalam Alquran Surah Al-Anbiya ayat 7: “Fas-alu ahla ad-dzikri in kuntum la ta’lamun,”. Yang artinya: “Maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu jika kamu tiada mengetahui,”.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile