Ahad 03 Jan 2021 13:26 WIB

Kuil Dewi Cinta Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Turki

Kuil Dewi Cinta atau Aphrodite berasal dari abad keenam.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim ilmuwan dan arkeolog Turki menemukan reruntuhan kuil Aphrodite berusia 2.500 tahun di Turki.
Foto: aa
Tim ilmuwan dan arkeolog Turki menemukan reruntuhan kuil Aphrodite berusia 2.500 tahun di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim ilmuwan dan arkeolog Turki menemukan reruntuhan kuil Aphrodite berusia 2.500 tahun di Turki. Temuan ini didapatkan ketika para ilmuwan menyisir area seluas 1.600 meter persegi yang mencakup bagian dari distrik Urla, Cesme dan Seferihisar di Izmir.

Di situs itu terdapat 35 pemukiman manusia era prasejarah termasuk 16 dari periode Neolitik akhir. Darisitu mereka menemukan sisa-sisa Kuil Aphrodite berusia 2.500 tahun di semenanjung Urla-Cesme di barat Turki.

Baca Juga

Elif Koparal dari Universitas Mimar Sinan, yang memimpin penggalian sisa-sisa kuil tersebut mengatakan jejering sosial dan ekonomi yang signifikan telah ditemukan. Hal itu merupakan penemuan yang menarik.

"Selama penyaringan permukaan, kami mendeteksi Kuil Aphrodite dari abad ke-6 SM. Aphrodite, kultus umum saat itu adalah penemuan yang menarik dan mengesankan," katanya dikutip dari dailysabah, Ahad (3/1).

Ia menjelaskan Aphrodite adalah dewi Yunani kuno yang dikaitkan dengan cinta, kecantikan, kesenangan dan gairah. Dia juga menambahkan kalau jejak pertama kuil itu ditemukan pada tahun 2016 dan diumumkan kepada dunia dalam sebuah jurnal.

Elif dan timnya bekerja sama dengan penduduk setempat untuk melindungi harta karun arkeologi tersebut. Hal ini lantaran situs arkeologi menghadapi ancaman oleh para pemburu harta karun ilegal dan situs bersejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement