Senin 04 Jan 2021 15:07 WIB

Afrika Selatan Targetkan Terima Vaksin Covid-19 Februari

Afrika Selatan masih melakukan pembicaraan dengan berbagai perusahaan farmasi

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Seorang pria mengenakan masker dengan warna bendera Afrika Selatan.
Foto: EPA
Seorang pria mengenakan masker dengan warna bendera Afrika Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG - Afrika Selatan bertekad mendapatkan vaksin Covid-19 pada Februari. Namun negara ini masih melakukan pembicaraan dengan berbagai perusahaan farmasi dan belum ada kesepakatan yang ditandatangani. Demikian kata Menteri Kesehatan Zweli Mkhize, Ahad (3/1).

Di tengah peningkatan kritik terhadap tanggapan pemerintah, Afrika Selatan (Afsel) sedang berjuang melawan peningkatan penularan virus corona, yang sebagian ditimbulkan oleh varian baru corona yang disebut sebagai 501.V2. Afsel telah mencatat lebih dari satu juta infeksi, terbanyak di benua Afrika, dan lebih dari 29 ribu kematian.

Baca Juga

Dalam sebuah opini yang diterbitkan di media berita lokal besar pada Sabtu (2/1), sekelompok ahli kesehatan terkemuka mengkritik pemerintah yang dianggap bergerak terlalu lambat untuk mendapatkan vaksin dalam jumlah cukup.

Negara industri paling maju di kawasan Afrika itu telah bergabung dengan prakarsa distribusi vaksin COVAX yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Akan tetapi, skema melalui COVAX tersebut hanya dapat mencakup 10 persen dari total populasinya yang berjumlah sekitar 60 juta orang.

Dosis pertama juga mungkin baru akan tiba pada kuartal kedua tahun ini. Keadaan itu menimbulkan kecemasan di kalangan ilmuwan dan akademisi, yang telah mendesak pemerintah untuk segera mencapai kesepakatan dengan perusahaan-perusahaan farmasi mengingat negara-negara lain sudah mulai melakukan vaksinasi.

Mkhize mengatakan pada konferensi pers bahwa para pejabat sedang menempuh segala kemungkinan agar Afsel bisa mendapatkan vaksin sebelum dosis COVAX tersedia. "Kami menargetkan Februari, meski semua itu sangat bergantung pada keberhasilan perundingan bilateral saat ini," ujarnya.

Mkhize mengatakan tujuan akhirnya adalah memvaksinasi minimal 67 persen dari keseluruhan penduduk Afsel guna mencapai kekebalan kelompok. Pemerintah telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah produsen vaksin termasuk Pfizer, Moderna, AstraZeneca, serta Johnson & Johnson, juga dengan produsen di Rusia dan China, menurut catatan kementerian kesehatan.

Catatan tersebut menunjukkan bahwa negosiasi telah berjalan dengan baik dan pemerintah cukup yakin akan bisa mulai mendapatkan pasokan vaksin pada kuartal pertama. Mkhize mengatakan para pejabat sedang mempertimbangkan tiga mekanisme untuk mendanai pengadaan vaksin yakni pembiayaan pemerintah, bantuan medis, dan kontribusi sektor swasta.

Jumlah kasus baru harian di Afrika Selatan telah mencapai rekor 18 ribu dalam beberapa hari terakhir.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰى ۗوَاِنْ تَدْعُ مُثْقَلَةٌ اِلٰى حِمْلِهَا لَا يُحْمَلْ مِنْهُ شَيْءٌ وَّلَوْ كَانَ ذَا قُرْبٰىۗ اِنَّمَا تُنْذِرُ الَّذِيْنَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ ۗوَمَنْ تَزَكّٰى فَاِنَّمَا يَتَزَكّٰى لِنَفْسِهٖ ۗوَاِلَى اللّٰهِ الْمَصِيْرُ
Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang dibebani berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul bebannya itu tidak akan dipikulkan sedikit pun, meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat engkau beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada (azab) Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya dan mereka yang melaksanakan salat. Dan barangsiapa menyucikan dirinya, sesungguhnya dia menyucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allah-lah tempat kembali.

(QS. Fatir ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement