Jumat 08 Jan 2021 15:07 WIB

SBY: Vaksinasi Covid Harus Sukses, tidak Boleh Gagal

SBY mengatakan vaksinasi jadi harapan Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Instagram
Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, vaksinasi dapat menjadi harapan dan titik balik Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Karenanya, pogram pemerintah yang menjadi gerakan nasional ini haruslah dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Sebelum memulai vaksinasi, pemerintah perlu benar-benar merencanakan, menyiapkan, dan melaksanakannya dengan baik. Sebab, memvaksin lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia tentu akan menemui sejumlah kendala dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Baca Juga

"Saya tak ingin berdebat tentang realistiknya berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan vaksinasi di negeri ini. Timelinenya juga seperti apa, yang penting segalanya mesti direncanakan, disiapkan, dan dilaksanakan dengan baik," ujar SBY lewat keterangan tertulis nya, Jumat (8/1).

Pemerintah akan menemui sejumlah tantangan dan kompleksitas selama proses vaksinasi, yang rencananya akan dimulai pada 13 Januari mendatang. Mulai dari faktor geografis, demografi, dan kesiapan infrastruktur kesehatan yang disebut SBY akan menjadi permasalahan tersendiri.