Rabu 13 Jan 2021 13:19 WIB

DPR Minta Pemerintah Buat Platform Pengganti WhatsApp

Isu keamanan data menjadi masalah krusial dalam pembaruan WhatsApp.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda
Whatsapp
Foto: EPA/Marcelo Sayao
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR Al muzzammil Yusuf mendukung jika pemerintah ingin membuat plaform pengganti WhatsApp (WA). Ia optimistis Indonesia memiliki segala sumber daya yang dibutuhkan guna mewujudkannya.

Al muzzammil menyatakan isu keamanan data menjadi masalah krusial dalam pembaruan WhatsApp. Masyarakat khawatir datanya disalahgunakan WhatApp demi kepentingan tertentu. Oleh karena itu, ia mendorong pemerintah bertindak cepat dan kreatif.

Baca Juga

"Saya kira pemerintah melalui Kementrian Kominfo perlu mendorong lahirnya platform lokal ini. Kita kan tidak kurang pakar teknologi komunikasi. Kalau di zaman Habibie kita bisa buat industri pesawat, sekarang kita buktikan bisa bangkit di industri kreatif komunikasi," kata Al muzzammil pada Republika, Rabu (13/1).

Al muzzammil meminta pemerintah mendorong dan memfasilitasi kerjasama dengan para ahli di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, termasuk dari kampus-kampus ternama di Tanah Air. Ia berharap momen perubahan kebijakan WhatsApp menyadarkan pemerintah supaya membuat platform serupa.

"Saya kira peluang ini bukan hanya dengan berpindah pada platform lainnya produk luar negeri tapi lebih penting lagi juga peluang besar untuk memunculkan platform kreasi lokal," ujar Al muzzammil.

Al muzzammil mencontohkan pemerintah Turki mampu memanfaatkan peluang ini dengan promosi kreasi produk lokal. Hal inilah yang mestinya dilakukan pemerintah Indonesia. "Pemerintah dan warga Turki tengah beralih ke platform lokal buatan mereka BiP," sebut Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan DPP PKS tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement