Rabu 13 Jan 2021 18:06 WIB

Vaksin dari COVAX akan Tersedia Kuartal Kedua 2021

Vaksin Covid-19 melalui fasilitas global COVAX akan tersedia leboh cepat

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan pers terkait terpilihnya Indonesia menjadi Ketua Bersama Kelompok Kerja Sama Vaksin Covid-19 multilateral COVAX AMC, Rabu (13/1)
Foto: Republika/ferginadira
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan pers terkait terpilihnya Indonesia menjadi Ketua Bersama Kelompok Kerja Sama Vaksin Covid-19 multilateral COVAX AMC, Rabu (13/1)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Vaksin Covid-19 melalui fasilitas global COVAX yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Vaksin (GAVI) akan tersedia lebih cepat yaitu pada kuartal kedua tahun ini. Keterangan ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Kita melihat adanya tren kemajuan. Jika awalnya vaksin melalui jalur multilateral baru akan tersedia pada kuartal ketiga atau kuartal keempat, maka dalam komunikasi akhir-akhir ini (dengan WHO dan GAVI), vaksin multilateral kemungkinan besar sudah tersedia pada kuartal kedua 2021,” kata Retno kepada wartawan, Rabu.

Baca Juga

Untuk memperoleh akses terhadap vaksin Covid-19 dari GAVI, Indonesia yang termasuk dalam 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah akan ikut dibantu oleh negara-negara donor melalui mekanisme pendanaan COVAX AMC. Indonesia telah menyampaikan submisi yang disyaratkan oleh Fasilitas COVAX, yaitu surat expression of interest pada 16 Oktober 2020, formulir permintaan bantuan teknis pada 27 November 2020, formulir permintaan vaksin bagian A pada 7 Desember 2020, dan dilanjutkan dengan formulir permintaan vaksin bagian B terkait indemnifikasi pada 8 Januari 2021.

Submisi berikutnya yang akan disampaikan Indonesia adalah formulir cold chain equipment (CCE) support request terkait kapasitas teknis penyediaan sistem pendingin vaksin pada kuartal pertama 2021. Sebagai salah satu negara AMC, Indonesia berkesempatan mendapatkan vaksin dengan subsidi penuh untuk 20 persen dari total populasi atau sekitar 54 juta orang.

Dengan penandatanganan formulir vaksin bagian B, Indonesia berkesempatan mendapatkan hingga 108 juta dosis vaksin Covid-19 dari Fasilitas COVAX. Pengiriman vaksin dari Fasilitas COVAX akan dilakukan secara bertahap yaitu tiga persen pada kuartal pertama 2021 dan secara proporsional kepada 92 negara AMC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement