Senin 18 Jan 2021 22:15 WIB

Curah Hujan Diprediksi Meningkat, Wagub DKI: Waspadai Banjir

Wagub DKI mengimbau masyarakat waspada dan bersiap hadapi potensi banjir.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Yudha Manggala P Putra
Langit mendung menyelimuti Jakarta, Sabtu (9/1). Wagub DKI, Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat mewaspadai peningkatan curah hujan beberapa hari ke depan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Langit mendung menyelimuti Jakarta, Sabtu (9/1). Wagub DKI, Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat mewaspadai peningkatan curah hujan beberapa hari ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan intensitas curah hujan di Ibu Kota diprediksi meningkat beberapa hari ke depan. Ariza pun meminta masyarakat waspada dan bersiap menghadapi potensi banjir di sejumlah wilayah Jakarta.

"Di Jakarta sudah memasuki musim hujan, kita juga harus bersiap-siap bahwa di Jakarta ini berdasarkan data ke depan akan ada peningkatan intensitas daripada curah hujan yang berpotensi menyebabkan banjir," kata Ariza di Balai Kota DKI, Senin (18/1).

Ariza mengungkapkan, untuk mengantisipasi banjir, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan sejumlah tindakan. Di antaranya melakukan pengerukan sungai, membuat sumur resapan, drainase vertikal, hingga penyediaan pompa air.

"Semua program kita laksanakan, bahkan anggaran sudah cukup besar yang kita gelontorkan," tutur dia.

Di sisi lain, ia juga meminta masyarakat agar semakin sadar menjaga kebersihan lingkungan. Ariza mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, selalu menerapkan hidup bersih dan sehat, yakni dengan rutin membersihkan lingkungan serta saluran air untuk mencegah banjir.

Menurut dia, upaya pencegahan banjir dilakukan pemerintah akan lebih maksimal jika ada dukungan masyarakat. "Namun demikian, kesadaran masyarakat untuk tetap waspada menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, dan lain-lain tetap kita laksanakan dengan baik," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement