Selasa 19 Jan 2021 02:12 WIB

5 Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai

Ada dua tipe diabetes, yakni tipe 1 dan tipe 2.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pria melakukan pengetesan kadar gula darah atau diabetes.
Foto: EPA
Pria melakukan pengetesan kadar gula darah atau diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terlepas dari pandemi yang meluas, dunia sejak lama telah diusik oleh diabetes. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, penyakit kronis tersebut telah menyerang jutaan orang dan diperkirakan akan memengaruhi lebih banyak lagi di tahun-tahun mendatang.

Seperti dilansir Medical News Today, ada dua jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Insulin bertanggung jawab untuk pengangkutan glukosa di dalam tubuh melalui sel.

Baca Juga

Pada diabetes tipe 2, karena respons sel yang menurun terhadap insulin, fungsi ini terganggu, hingga kadar gula darah yang tidak terkelola dalam tubuh. Beberapa penyebab umum diabetes tipe 2 termasuk gen, obesitas atau kelebihan berat badan, resistensi insulin, dan kurangnya aktivitas fisik.

Berikut lima tanda peringatan yang harus diperhatikan untuk mereka yang berisiko mengidap diabetes:

1. Haus

Karena kadar gula yang rendah dalam tubuh, tubuh mungkin akan kehilangan jumlah air yang tidak sehat karena sering buang air kecil. Hal ini menyebabkan rasa haus yang meningkat dan jika tidak ditangani, dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi parah

2. Kelelahan

Karena tingkat gula yang tidak mencukupi dalam tubuh, seseorang mungkin akan mengalami jumlah kelelahan dan kelelahan yang tidak sehat yang dapat mempengaruhi gaya hidup mereka secara berlebihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement