Kamis 21 Jan 2021 17:41 WIB

Saat Istri dan Anak Menjadi Musuh pada Hari Pembalasan

Diantara mereka ada yang melalaikannya dari amal saleh

Rep: Ali Yusuf/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ilustrasi Keluarga Muslm
Foto: MGROL100
Ilustrasi Keluarga Muslm

REPUBLIKA.CO.ID, Allah SWT telah mengingatkan manusia bahwa istri dan anak bisa menjadi musuh di hari pembelasan. Permusuhan diantara anggota keluarga bisa terjadi karena mereka melalaikannya dari amal saleh.

 

Peringatan itu Allah sampaikan dalam surah at-Taghabun ayat 14 yang artinya: "Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Ibnu katsir menafsirkan, di antara mereka (istri-istri dan anak-anak) ada yang menjadi musuh suaminya dan orang tuanya. Dikatakan demikian karena di antara mereka ada yang melalaikannya dari amal saleh, seperti yang disebutkan dalam QS Al-Munafiqun ayat 9 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi."