Sabtu 23 Jan 2021 06:51 WIB

Dexamethasone Obat COVID-19 & Lebih Murah dari Vaksin?

Beredar, obat COVID-19 dexamethasone lebih murah dibandingkan vaksin COVID-19

Rep: Antara/ Red: Elba Damhuri
Dexamethasone Disebut Obat Penyelamat Lawan Covid-19
Foto: LHcheM/Wikimedia
Dexamethasone Disebut Obat Penyelamat Lawan Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kabar di media sosial beredar viral menyatakan obat COVID-19 dexamethasone lebih murah dibandingkan dengan vaksin COVID-19.

Salah satu akun twitter @Nicho_Silalahi, misalnya, mengunggah pesan itu pada 18 Januari 2021. Dia juga menyertakan tautan video siaran berita TV One tentang obat COVID-19 dexamethasone.

Baca Juga

Siaran satu TV nasional menyebut obat itu dapat menyelamatkan pasien dengan gejala yang parah.

Namun, akun itu menyertakan pula dugaan korupsi dalam pembelian vaksin COVID-19.

“Wah panas dingin ini pemain Vaksin, mana udah borong pula Ratusan juta vaksin baik dari China maupun tempat lain, ternyata obatnya Covid murah.

Bang @nazaqistsha dan @KPK_RI untuk periksa Erik Thohir selaku @KemenBUMN dan Importir vaksin. Karena diduga kuat ada korupsi. RT Keras”

Lalu benarkah obat COVID-19 dexamethasone lebih murah dibanding vaksin?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِلٰى مَدْيَنَ اَخَاهُمْ شُعَيْبًاۗ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ فَاَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيْزَانَ وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ اَشْيَاۤءَهُمْ وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ
Dan kepada penduduk Madyan, Kami (utus) Syuaib, saudara mereka sendiri. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah. Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Sempurnakanlah takaran dan timbangan, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman.”

(QS. Al-A'raf ayat 85)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement