Selasa 26 Jan 2021 13:54 WIB

Leonardo DiCaprio Berharap Pemimpin AS Peduli Isu Lingkungan

Leonardo DiCaprio unggah surat terbuka untuk Presiden AS soal politik hijau.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Leonardo DiCaprio menyerukan agar Presiden Joe Biden bisa menjadi sosok pemimpin iklim yang dibutuhkan oleh Amerika Serikat.
Foto: EPA
Aktor Leonardo DiCaprio menyerukan agar Presiden Joe Biden bisa menjadi sosok pemimpin iklim yang dibutuhkan oleh Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Leonardo DiCaprio menyimpan harapan bagi para pemimpin Amerika Serikat yang baru terpilih. Pemeran Titanic itu akan sangat bersyukur jika pemerintahnya lebih peduli terhadap isu lingkungan.

Sang aktor memang dikenal sebagai salah satu sosok Hollywood yang merupakan pejuang lingkungan. DiCaprio mengunggah surat terbuka untuk Presiden AS ke-46 Joe Biden supaya tidak mengesampingkan politik hijau.

Baca Juga

Ideologi dalam politik hijau bertujuan mendorong terciptanya masyarakat berkelanjutan secara ekologis yang berakar pada lingkungan hidup. Politik hijau menjadi cara merencanakan program pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

"Saatnya kita menghadapi #ClimateCrisis sekarang," tulis DiCaprio pada surat terbuka yang dia bagikan via akun Instagram pribadi, seperti dikutip dari laman Film-News. Dia membeberkan pentingnya upaya tersebut.

Sineas itu menyerukan agar Presiden Joe Biden bisa menjadi sosok 'pemimpin iklim' yang dibutuhkan oleh Amerika Serikat. DiCaprio mengatakan para pebisnis, buruh, dan pegiat lingkungan siap mendukung upaya pemerintah.

Pemenang piala Oscar itu memperingatkan bahwa tugas ke depan sangat berat. Ada kebutuhan untuk mengatasi krisis kesehatan global, krisis ekonomi, juga usaha mempersatukan warga Amerika dalam melakukannya.

DiCaprio berpendapat bahwa pemulihan negara dari pandemi Covid-19 dan membangun kembali ekonomi global harus dibarengi dengan aksi mengatasi perubahan iklim. Amerika Serikat perlu menjadi bagian dari inisiatif internasional.

"Ini bukanlah misi yang terpisah; tetapi satu dan sama. Ini adalah dekade paling menentukan dalam sejarah manusia untuk menghadapi krisis iklim," kata pemeran film Once Upon a Time in Hollywood itu.

Biden diketahui telah kembali melibatkan AS dalam Perjanjian Paris, pakta internasional yang berkomitmen memerangi krisis iklim. Pendahulu Biden, Donald Trump, menarik Amerika dari perjanjian tersebut pada 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement