Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

11 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Beda Orang Beriman dan Kafir Sikapi Nikmat Allah SWT

Selasa 26 Jan 2021 11:08 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat perbedaan orang beriman dan kafir menyikapi nikmat Allah SWT, Ilustrasi hujan

Terdapat perbedaan orang beriman dan kafir menyikapi nikmat Allah SWT, Ilustrasi hujan

Foto: Prayogi/Republika.
Terdapat perbedaan orang beriman dan kafir menyikapi nikmat Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara orang beriman dan kafir dalam mensyukuri nikmat. Hal ini telah disampaikan Rasulullah SAW.

Bagi orang beriman, mereka mensyukuri nikmat yang diberikan dengan memuji Allah SWT, mereka mengetahui bahwa setiap kenikmatan yang diturunkan adalah berkat dari rahmat Allah SWT. 

Baca Juga

Sementara orang-orang kafir, mereka mencari sebab lain selain Allah SWT atas berkat yang mereka dapatkan. Rasulullah SAW bersabda: 

أَلَمْ تَسْمَعُوا مَاذَا قَالَ رَبُّكُمْ اللَّيْلَةَ قَالَ مَا أَنْعَمْتُ عَلَى عِبَادِي مِنْ نِعْمَةٍ إِلَّا أَصْبَحَ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ بِهَا كَافِرِينَ يَقُولُونَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا فَأَمَّا مَنْ آمَنَ بِي وَحَمِدَنِي عَلَى سُقْيَايَ فَذَاكَ الَّذِي آمَنَ بِي وَكَفَرَ بِالْكَوْكَبِ وَمَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا فَذَاكَ الَّذِي كَفَرَ بِي وَآمَنَ بِالْكَوْكَبِ

"'Apakah tadi malam kalian tidak mendengar perkataan Rabb kalian? Dia berfirman, "Tidaklah Aku menganugerahkan suatu nikmat kepada hamba-hamba-Ku melainkan sebagian mereka ada yang kufur dengan nikmat tersebut, mereka berkata; 'Kami diberi hujan dengan sebab bintang ini dan itu.

Sedangkan orang yang beriman kepada-Ku, ia memuji-Ku karena air yang Aku turunkan, maka itulah orang yang beriman kepada-Ku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan orang yang berkata; 'Kami diberi hujan dengan sebab bintang ini dan itu' adalah orang yang kufur kepada-Ku dan beriman kepada bintang-bintang'." (HR Muslim). 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile