Rabu 27 Jan 2021 05:56 WIB

Wakil Ketua DRPD DKI Minta Anies Memayitkan Mayit

Misan Samsuri melihat antrean ambulans berisi jenazah Covid-19 di TPU Bambu Wulung.

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Misan Samsuri meninjau TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur pada Selasa (26/1).
Foto: Dok
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Misan Samsuri meninjau TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur pada Selasa (26/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Ranggon dan Tegal Alur di Jakarta telah penuh untuk pemakaman jenazah pasien positif Covid-19. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun mencari lahan pemakaman baru, khusus jenazah pasien positif Covid-19.

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta berinisiatif membeli lahan makam khusus untuk jenazah pasien positif Covid-19 melalui APBD Perubahan tahun 2020. Sebanyak lima lokasi di Jakarta telah dibebaskan, termasuk salah satunya lahan di sekitar ruang terbuka hijau (RTH) Bambu Wulung di Bambu Apus, Jakarta Timur.

Menurut keterangan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, sejak beroperasi pada Kamis (21/1), lebih dari 200 jenazah pasien positif Covid-19 dikebumikan di TPU Bambu Wulung. Artinya, rata-rata per hari ada 30 jenazah yang dikebumikan pada siang dan malam.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Misan Samsuri menyempatkan diri mendatangi TPU Bambu Wulung pada Selasa (26/1). Misan mengaku melihat antrean mobil ambulans yang berisikan peti mati jenazah positif Covid-19 mengular.