Kamis 28 Jan 2021 12:58 WIB

Menlu AS: Hubungan dengan China Tetap Diperkuat

Masih banyak masalah AS dengan China yang perlu diselesaikan agar hubungan membaik.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken
Foto: www.huffingtonpost.com
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON --- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menegaskan kembali tentang upaya genosida yang telah dilakukan oleh pemerintah China terhadap Muslim Uighur di wilayah Xinjiang. Di sisi lain, Blinken mengatakan bahwa hubungan antara AS-China merupakan hal yang sangat penting.

Blinken mendukung kerja sama AS dengan China dalam berbagai hal, mulai dari perubahan iklim dan masalah lainnya yang menjadi perhatian bersama. Namun, dia juga tidak memungkiri bahwa pemerintahan sebelumnya telah membuat hubungan antara AS dan China semakin merenggang.

Baca Juga

"Semakin lama hubungan itu memiliki beberapa aspek permusuhan. Ini memiliki hubungan yang kompetitif dan masih ada yang kooperatif," ujar Blinken.

Blinken menambahkan, memerangi perubahan iklim adalah kepentingan yang penting bagi AS dan China. Menurutnya, masih banyak masalah lain dengan China yang perlu diselesaikan agar hubungan kedua negara semakin harmonis.

“Saya pikir, dan berharap, bahwa kita akan dapat mengejar itu, tapi itu sesuai dengan konteks yang lebih luas dari kebijakan luar negeri kita, dan banyak masalah yang menjadi perhatian kita dengan China; masalah yang perlu kami selesaikan," ujar Blinken.

Setelah disahkan oleh Senat sebagai menteri, Blinken berjanji untuk memperbaiki hubungan AS dengan mitra global. Dia ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Amerika dapat menjadi pemimpin global.

Kebijakan "America First" Presiden Donald Trump telah merusak aliansi tradisional Washington. Penyerbuan Capitol AS pada 6 Januari oleh massa pro-Trump semakin merusak posisi Amerika dalam dunia internasional.

Pemerintahan Biden telah berjanji untuk melakukan pendekatan yang keras untuk "mengalahkan" China. Namun, para pendukung kebijakan garis keras terhadap Beijing telah menyuarakan keprihatinan bahwa mereka mungkin dipaksa untuk berkompromi dalam hal ini untuk membuat kemajuan dalam isu-isu seperti iklim dan Korea Utara (Korut).

Secara terpisah, Blinken mengatakan, dia telah meminta Zalmay Khalilzad untuk tetap menjabat sebagai perwakilan khusus AS untuk gerakan perdamaian Afghanistan. Khalilzad merundingkan perjanjian dengan Taliban untuk penarikan pasukan AS dari perang terpanjang Amerika dengan imbalan jaminan keamanan dari pemberontak.

Blinken mengatakan, pemerintahan Biden sedang meninjau perjanjian itu untuk memastikan bahwa kami benar-benar memahami komitmen yang telah dibuat Taliban serta komitmen apa pun yang telah kami buat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

(QS. An-Nur ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement